Anies Baswedan: Lokasi Formula E Masa Urusan Presiden

Anies Baswedan: Lokasi Formula E Masa Urusan Presiden
Anies Baswedan dan KH Marzuki Mustamar. ©2021 Merdeka.com/Darmadi Sasongko
JAKARTA | 25 November 2021 17:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, penentuan venue untuk ajang balap mobil listrik atau Formula E tidak diputuskan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sebelumnya Co-Founder Formula E Alberto Longo mengatakan, venue balap mobil listrik di Jakarta akan ditentukan oleh Presiden Jokowi. Keputusan itu akan diumumkan sebelum Natal 2021.

"Enggak ada. Loh masa lokasi presiden. Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden," kata Anies di Jakarta, Kamis (25/11).

Anies menyampaikan, penentuan venue Formula E dilakukan oleh tiga pihak. "Ya FEO (Formula E Operations), IMI dan Jakpro. Tiga itu. Iyalah," ujarnya.

Menurut Anies, pihaknya tengah meminta Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk meluruskan kabar tersebut.

"Saya tadi sudah minta. Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masa soal lokasi ke presiden," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Berbeda dengan Wagub DKI

Pernyataan Anies berbeda dengan yang dikatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di hari yang sama.

Riza justru menyampaikan kesukacitaannya atas keterlibatan pemerintah pusat dalam ajang balap mobil listrik atau Formula E.

Hal itu menyusul rencana penentuan titik venue Formula E yang akan diputuskan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Riza mengatakan, gelaran ini bukan hanya soal Jakarta, tapi lebih luas lagi menyangkut nama Indonesia di mata dunia.

"Ya memang kalau ada keinginan pemerintah pusat untuk terlibat aktif tentu kami sangat senang dan bersyukur. Itu artinya pemerintah pusat memberi perhatian yang lebih, perhatian yang baik kepada penyelenggaraan karena ini tidak hanya menyangkut nama baik Kota Jakarta tapi sesungguhnya juga ini menyangkut nama Indonesia," katanya di Jakarta, Kamis (25/11).

"Tentunya Bapak Presiden memberi perhatian yang baik kami berterima kasih dan bersyukur," sambung dia.

Dia mengharapkan, titik venue ajang balap mobil listrik atau Formula E yang rencananya akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat dipilih tempat yang terbaik bagi kepentingan semua pihak. Mengenai kriteria tempat, Riza menyerahkan hal itu kepada ketentuan yang ada.

"Terkait nanti titik mana yang ditunjuk, kami serahkan kepada aturan dan ketentuan yang ada, yang sudah diatur oleh pihak Formula E. Semua ada syarat yang harus dipenuhi. Tentu harapan kita tempat yang ditunjuk nanti tempat yang terbaik bagi kepentingan semua," kata Riza.

Riza menerangkan, terdapat ketentuan dari perwakilan Formula E untuk menentukan kelayakan venue. Mereka akan meninjau lokasi guna melakukan uji kelayakan tempat. Sampai saat ini, menurut Riza ada lima titik yang tengah disiapkan.

"Dan tentu juga harapan kita tempat ditunjuk itu nanti menjadi ikon supaya nanti di dunia Kota Jakarta itu bisa dilihat seluruh warga dunia. Bagaimana perkembangan kemajuan Kota Jakarta yang kita banggakan kita cintai," ujar Riza.

Riza mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan dari pemerintah pusat selama ini terhadap gelaran balap mobil listrik itu.

"Terkait dengan dukungan dari pemerintah pusat, tentu kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan bantuan selama ini dari pemerintah pusat kepada Pemprov DKI Jakarta tentu semuanya demi kebaikan seluruh warga Jakarta," pungkasnya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Anies Tegaskan Penentuan Lokasi Formula E Bukan Keputusan Presiden
Stafsus Mensesneg Tegaskan Formula E Tanggung Jawab Pemprov DKI
Jokowi Disebut akan Putuskan Lokasi Formula E, Riza Nilai Pemerintah Pusat Perhatian
KPK Dalami Pembiayaan Formula E di Jakarta Lebih Mahal dari Negara Lain
Ketua DPRD DKI Ingatkan Jangan Catut Nama Jokowi Dalam Formula E
Co Founder Formula E: Saya Pastikan Jakarta Tidak Membayar Lebih Mahal dari Kota Lain

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami