Anies Baswedan Minta Salat Id dan Lebaran di Rumah Saja, Halal Bihalal Virtual

Anies Baswedan Minta Salat Id dan Lebaran di Rumah Saja, Halal Bihalal Virtual
AHY Sambangi Anies Baswedan di Balai Kota. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani
JAKARTA | 10 Mei 2021 15:57 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang masyarakat di wilayah untuk halal bihalal saat Lebaran 2021. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi penularan Covid-19.

Anies menjelaskan, seluruh kepala daerah wilayah Jabodetabek sudah bersepakat untuk tidak menggelar acara yang memicu kerumunan. Termasuk silaturahmi saat lebaran.

"Ada kesepakatan, terkait mengunjungi, bahwa masyarakat diprioritaskan untuk di rumah saja dan dianjurkan tidak mengunjungi (keluarga), baik lintas wilayah, antar kampung, kecamatan, kota, kabupaten, provinsi. Ini menjawab yang selama ini menjadi diskusi. Saling mengunjungi antar kecamatan kelurahan kampung tidak dianjurkan," jelas Anies usai rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Daerah Jabodetabek di Balaikota, Jakarta, Senin (10/5).

Anies juga melarang para tokoh masyarakat menggelar open house saat perayaan Idulfitri 2021. Dia mengimbau agar masyarakat menggelar silaturahmi secara virtual saja. Surat edaran akan segera dikeluarkan oleh pihaknya dalam waktu dekat.

"Terkait kegiatan halal bihalal, open house dan mendatangi tokoh masyarakat, keluarga, teman, kerabat, dianjurkan menggunakan media virtual. Ketika perkantoran dimulai Senin, jangan diawali halal bihalal. Jangan ketemu salam-salaman, karena itu mengurangi ikhtiar kita memutus mata rantai Covid-19," jelas Anies.

Begitu juga dengan perayaan takbiran, dia meminta agar hanya dilakukan di masjid lingkungan saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Maksimal 10 persen orang yang hadir.

Salat Id

Anies juga menggarisbawahi terkait dengan salat Idulfitri yang diminta untuk di rumah masing-masing. Kalaupun ingin salat berjemaah di lapangan atau masjid, dilakukan di lingkungan kecil.

Salat tidak melibatkan orang luar. Hal ini demi mencegah terjadinya penularan Covid-19 yang dibawa dari orang yang tak dikenal. Jemaah yang hadir pun diminta tak lebih dari 50 persen kapasitas tempat.

"Terkait kegiatan Idulfitri. Salat Idulfitri, dianjurkan di rumah masing-masing. Bagi masyarakat yang salat di luar rumah, disarankan Salat Ied di daerah setempat, jangan pergi jauh untuk salat Id," kata Anies. (mdk/rnd)

Baca juga:
Polri Terjunkan 6.000 Personel Amankan Idulfitri di Jakarta
Polisi Siapkan 17 Titik Sekat Cegah Takbir Keliling di Jakarta
12 Resep Camilan Lebaran dan Cara Membuatnya Mudah dan Enak, Meriahkan Hari Raya
Pengguna KRL Turun 20 Persen Jelang Lebaran 2021
Jelang Idul Fitri, Pedagang Ketupat Mulai Bermunculan
Buka Hari Kedua Lebaran, Ragunan Batasi Pengunjung Hanya untuk 30.000 Warga KTP DKI

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami