Anies Baswedan Pastikan Penataan Kawasan Senen Belum Selesai, Kini Giliran Pasar

Anies Baswedan Pastikan Penataan Kawasan Senen Belum Selesai, Kini Giliran Pasar
Pembangunan Pasar Senen Blok I dan II. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JAKARTA | 23 Januari 2021 14:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemprov DKI telah selesai menata ulang kawasan Senen, Jakarta Pusat. Kini lalu lintas, JPO hingga pendestrian di sana lebih rapi dan bisa dinikmati pengguna jalan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, penataan Kawasan Senen belum selesai. Kini penataan akan berlanjut untuk kawasan Pasar Senen Jaya.

"Saat ini sedang berlangsung pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II, yang akan terhubung langsung dengan Halte TransJakarta. Ketika tuntas akan makin memperindah #WajahBaruSenen dan mengembalikan kejayaan Kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja," tulisnya dalam akun instagramnya @aniesbaswedan, Sabtu (23/1).

Dia menyebut, kawasan Senen berpotensi menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD). Oleh karena itu, penataan menurutnya harus menyeluruh.

"Etika-etika menata Kawasan Pasar Senen, berarti harus menata mobilitas semua orang dan kegiatan dalam satu kawasan utuh. Kawasan Pasar Senen merupakan salah satu hub potensial untuk dikembangkan sebagai Transit Oriented Development (TOD). Karena itu tidak hanya membangun Ekstensi Lintas Bawah untuk kendaraan, kita membangun fasilitas untuk perpindahan manusianya,” terangnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut, Pemprov DKI tidak hanya fokus memberi fasilitas bagi pengendara angkutan umum dan pribadi, melainkan juga pejalan kaki dan pesepeda di kawasan Senen, dengan membangun JPO dan trotoar lebih lebar.

"Halte Senen direvitalisasi menjadi lebih lebar, dua JPO baru yang dilengkapi lift, memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik. Melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Kramat Raya, dilengkapi bus stop dan signage baru. Penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen. Jalur hijau dan taman-taman dipercantik, penerangan jalan ditambah," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Gubernur Anies: Masyarakat Betawi Mesti Jeli Baca Tren Perubahan pasca-Pandemi
Dikhawatirkan Cuma 'Gimmick', PSI Minta Pemprov DKI Tunda Kewajiban Uji Emisi
Polemik Pengadaan Lahan Makam di DKI yang Disoal PSI, DPRD Diminta Panggil Pemprov
Anies Segera Proses Jabatan Sekda yang Merangkap Plt Wali Kota Jakarta Selatan
Anies Umumkan 11 Bangunan Peraih Penghargaan Ramah Pesepeda di Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami