Anies Baswedan Resmi Buka JakGrosir Pertama di Kepulauan Seribu

JAKARTA | 22 September 2019 12:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka pasar JakGrosir pertama di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (22/9). Fasilitas JakGrosir ini diharapkannya bisa memenuhi kebutuhan pokok warga Kepulauan Seribu dengan harga jauh lebih murah.

"Dengan begitu, masyarakat yang ada di Kepulauan bisa menikmati kesetaraan seperti mereka yang tinggal di daratan Pulau Jawa," katanya di lokasi.

Menurutnya, selama ini harga kebutuhan pokok masyarakat Kepulauan Seribu lebih mahal karena biaya transportasi yang tinggi. Namun dengan adanya JakGrosir, harga mulai bisa disamakan sehingga menjadi lebih murah.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berencana untuk membangun toko JakGrosir lainnya di tempat yang membutuhkan. Hal ini guna mewujudkan kesetaraan perekonomian, khususnya untuk masyarakat Jakarta.

"Dengan cara seperti ini nantinya para pedagang kecil maupun yang di warung mereka bisa membeli di sini dan menjual ke masyarakat. Ini tidak untuk masyarakat langsung, tetapi untuk para pedagang yang menjual ke warung-warung dan juga para pemegang kartu KJP," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin menambahkan, dia berharap nantinya para pedagang yang membeli stok di JakGrosir juga tak menjualnya kembali ke masyarakat dengan harga terlalu mahal.

"Kami mohon untuk tidak terlalu menjual dengan harga yang tinggi, karena di JakGrosir sendiri harganya sudah pasti sama dengan Jakarta. Kalau pedagangnya juga menjual terlalu tinggi dan sebelahnya kemudian menjual lebih rendah, pasti warungnya gak laku (yang mahal)," terangnya.

Dia menjelaskan, selain mekanisme pasar yang mengontrol harga barang dagangan, pihaknya juga akan melakukan monitoring evaluasi. Ini untuk memastikan pedagang tak mengambil untung di luar batas wajar.

"Kalau sebulan mereka memang belum bisa melakukan itu (menurunkan harga), kita sementara akan tahan dulu supaya mereka gak bisa belanja dulu. Sehingga kemudian sanksi-sanksi ini bisa membuat mereka memastikan mereka harus berjualan keuntungan yang memang sewajarnya," tutup Arief.

Sejauh ini, sudah ada 592 pedagang yang teregistrasi di Kepulauan Seribu untuk bisa berbelanja di JakGrosir. Mereka memegang kartu khusus pedagang. Pedagang juga bisa melakukan pemesanan melalui telepon, dan barang akan dikirimkan ke tempat mereka oleh pihak JakGrosir.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Sandiaga Kritik Buruknya Pelayanan Kesehatan di Jakarta
Sandiaga Soal Wagub DKI: Kasihan Pak Anies Jomblonya Kelamaan
Sandiaga Pastikan Tak akan Kembali Jadi Wagub DKI
Jadikan Monas Lintasan Formula E, Anies Pastikan Tak Ada Penebangan Pohon
VIDEO: Balapan Formula E Resmi Diadakan di Jakarta 6 Juni 2020
Formula E di Jakarta Akan Dilaksanakan 5 Tahun Berturut-turut
Ikut Konvoi Mobil Listrik, Anies Disopiri Sean Gelael

(mdk/fik)