Anies Baswedan Temukan Ratusan Hewan Kurban Tak Layak Potong di Jakarta

JAKARTA | 11 Agustus 2019 11:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih dan dibagikan ke masyarakat. Ada ratusan ekor hewan yang ditemukan tidak layak dijadikan kurban.

"Jadi sampai dengan tanggal 11 Agustus tadi jam 05.00 WIB pagi, kita memeriksa hewan kurban di 1.474 lokasi. Yang diperiksa ada 97.005 hewan kurban. Ada sapi, ada kerbau, ada kambing, ada domba," tutur Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).

Menurut Anies, mayoritas hewan sehat dan diperbolehkan untuk dikurbankan. Adapun yang tidak layak potong dikarenakan sejumlah faktor.

"Ada 202 yang ditemukan sakit. Ada yang sakitnya karena stres perjalanan, ada sekitar 157. Kemudian ada yang matanya ada tanda-tanda tidak sehat, tapi juga ada yang tidak cukup umur, jumlahnya ada 345," jelas dia.

Hewan yang tidak layak potong, lanjut Anies, tidak diperbolehkan dijadikan kurban. Apalagi dagingnya pun akan dibagikan ke masyarakat.

"Semua dalam pengawasan. Dan dengan diberi tanda, lalu mereka juga diberi peringatan, tentu saja tidak bisa digunakan. Dan kita semua tahu bahwa ketika memberikan hewan kurban, maka hewan kurban itu harus memenuhi ketentuan syariat. Jadi kalau secara syariat tidak memenuhi syarat, ya jangan dikerjakan," Anies menandaskan.

Baca juga:
CFD Ditiadakan, Begini Suasana Bundaran HI-Thamrin Saat Idul Adha
Yusuf Mansur Ajak Masyarakat Satukan Potensi Ekonomi Melalui Kurban
Gereja Katedral Sediakan Lahan Parkir Untuk Jemaah Salat Idul Adha
Kekhusyukan Jemaah Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal
Golkar Kurban 24 Ekor Sapi, Harapan 2024 Usung Kader Sendiri sebagai Capres-Cawapres

(mdk/ded)