Anies Bekerja Sambil Isolasi Mandiri, Kemendagri Yakin Tak Ganggu Pemerintahan

Anies Bekerja Sambil Isolasi Mandiri, Kemendagri Yakin Tak Ganggu Pemerintahan
JAKARTA | 1 Desember 2020 12:33 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap melakukan pekerjaannya sebagai kepala daerah meski terkonfirmasi positif Covid-19. Anies akan bekerja dari rumah dinasnya sekaligus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Kemendagri yakin roda pemerintahan DKI Jakarta tidak terganggu meski Anies bekerja sambil isolasi mandiri.

"Statement Pak Anies sudah jelas ya. ‘Saya akan tetap bekerja dari rumah, secara virtual, memimpin rapat secara virtual. Sejak Maret sudah terbiasa bekerja secara virtual' dan Insya Allah tidak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan dan pemerintahan," kata Akmal saat dikonfirmasi, Selasa (1/12).

Kemendagri memastikan tidak akan menunjuk kepala daerah sementara bagi Provinsi DKI Jakarta. Keputusan ini diambil sejalan dengan pernyataan Gubernur DKI Anies Baswedan memastikan tetap bekerja meski dalam kondisi isolasi mandiri setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pelaksana tugas itu adalah wakil Kepala Daerah yang ditunjuk bila kepala daerahnya berhalangan sementara. Apakah pak Gub DKI berhalangan?" ucapnya.

Anies akan melakukan isolasi terhitung 1 Desember-14 Desember 2020. Anies tetap memegang kendali pemerintahan ibu kota. Anies dan Riza akan memimpin rapat secara virtual meskipun sedang melakukan isolasi mandiri.

Hal tersebut diungkap Anies berdasarkan unggahan pada media sosial instagram @aniesbaswedan.

"Saya dan Pak Wagub harus menjalani isolasi mandiri selama dua minggu ke depan, dan kami akan menjalankan tugas dan pertemuan secara virtual," kata Anies, Selasa (1/12).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyatakan pihaknya akan tetap melaksanakan tugasnya untuk memimpin rapat secara virtual yang telah terlaksana sejak April 2020.

"Maka tidak perlu ada kekhawatiran bahwa produktivitas akan menurun atau berbagai proses kebijakan akan terganggu," jelasnya.

Reporter: Yunita Amalia dan Delvira Hutabarat (mdk/noe)

Baca juga:
Melacak dari Mana Anies Baswedan Tertular Virus Covid 19
Jubir: Ma'ruf Amin Tak Kontak Langsung dengan Anies Baswedan di Acara MUI
Isolasi Mandiri Usai Positif Covid-19, Anies Minta Anak Buah Tetap Bekerja Giat
Jejak Kegiatan Anies di Publik Sebelum Terkonfirmasi Positif Covid-19
Video Penjelasan Gubernur Jakarta Anies Baswedan Positif Covid-19
Positif Covid-19, Anies Baswedan Tetap Pegang Kendali Pemprov DKI

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami