Anies Imbau Gedung-Gedung Baru di Jakarta Ramah Disabilitas, Lansia dan Anak

Anies Imbau Gedung-Gedung Baru di Jakarta Ramah Disabilitas, Lansia dan Anak
Perayaan Puncak HUT Jakarta di Stadion JIS. ©2022 Merdeka.com/yunita amalia
JAKARTA | 25 Juni 2022 23:20 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bangunan-bangunan baru di Jakarta wajib ramah penyandang disabilitas. Contoh bangunan ramah disabilitas menurut Anies yaitu Jakarta International Stadium (JIS).

Tidak hanya ramah, bangunan di Jakarta juga wajib ramah terhadap lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

"Stadion dirancang untuk memfasilitasi disabilitas. Kami ingin kirimkan pesan bahwa kota kita adalah untuk kota semua. Semua yang baru harus bisa mengakomodasi penyandang disabilitas lansia, perempuan ibu hamil, anak-anak," ujar Anies, Sabtu (25/6).

"Jika kota ramah maka semua ini akan bisa tertangani dengan baik," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan merdeka.com sejumlah penyandang disabilitas turut hadir menikmati perayaan puncak HUT ke-495 DKI Jakarta di JIS.

Diah, seorang ibu dari anak disabilitas mengaku mendapatkan undangan dari RT RW tempat ia tinggal di Sunter, Jakarta Utara, untuk turut hadir ke acara yang digelar di JIS. Undangan ini bukan pertama kali ia terima. Sebelumnya ia mendapatkan undangan untuk menghadiri pertandingan International Youth Championship (IYC) yang digelar di JIS. Namun, ia baru berkesempatan hadir pada acara ini.

Diketahui, puluhan ribu warga memadati JIS untuk merayakan puncak hari ulang tahun ke-495 DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan momentum ulang tahun kali ini merupakan sejarah baru.

Disebut sejarah oleh Anies, lantaran setengah dari kapasitas JIS terisi penuh. Sebagaimana diketahui, stadion bersertifikat green building ini mampu menampung 82.000 penonton.

"Semua yang hadir bersama di sini adalah orang-orang pertama yang merasakan diisi stadion ini hampir penuh. Biasanya paling 5-10 ribu, kali ini yang hadir sekitar 70 ribu warga Jakarta," ucap Anies yang disambut meriah oleh penonton.

Di hadapan puluhan ribu penonton perayaan HUT DKI, Anies juga menekankan bahwa 100 persen pembangunan JIS menggunakan tenaga dalam negeri.

"Bangunan yang anda tempati malam ini 100 persen dibangun anak anak didikan sendiri," imbuhnya.

Dalam perayaan malam ini, penonton disabilitas juga turut menikmati hiburan dari para pengisi acara yang menggebrak stadion tersebut.

Sejumlah penyanyi papan atas silih berganti menampilkan performance terbaik, di antaranya Ungu, Padi Reborn, Mahalini, Reza Artamevia, Saykoji, Kojek Betawi. Acara dipandu oleh host kenamaan Astrid Tiar dan Choky Sitohang.

"Malam hari ini, malam perayaan Jakarta dan sekarang kita bisa menyatakan kepada dunia bahwa Jakarta adalah kota global," ujar Anies. (mdk/bal)

Baca juga:
Anies Baswedan: Jakarta Kota Global, Fasilitasnya Berstandar Internasional
Anies Sebut HUT DKI Tahun Ini Bersejarah, JIS Diisi 70 Ribu Warga Jakarta
Puncak Ulang Tahun Jakarta, Ribuan Warga Antusias Padati JIS
Anies Baswedan Undang Tukang Bakso ke Balai Kota, PDIP: Kenapa Baru Sekarang?
Perayaan HUT ke-495 Jakarta di JIS, Ini Tiga Jalan yang Ditutup Petugas

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini