Anies Ingatkan Pengurus Masjid Gelar Salat Berjamaah: Kalau Sakit Sulit, RS Penuh!

Anies Ingatkan Pengurus Masjid Gelar Salat Berjamaah: Kalau Sakit Sulit, RS Penuh!
Salat Iduladha di Cilincing. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo
JAKARTA | 20 Juli 2021 17:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung masih ada masjid di ibu kota yang menggelar salat Iduladha berjamaah. Padahal, selama PPKM Darurat, diimbau untuk beribadah dari rumah. Kementerian Agama juga sudah mengeluarkan imbauan itu.

Namun pada kenyataannya, masih ada yang menggelar salat Iduladha berjamaah. Anies mengingatkan risiko penularan Covid-19. Para pengurus masjid di masing-masing wilayah Jakarta seharusnya menyadari tingginya risiko penularan COVID-19 pada situasi seperti sekarang ini.

"Saya berharap kepada semua sadari risiko penularan. Kita sama-sama mementingkan syariat terlaksana dengan baik tapi keselamatan juga tetap terjaga," kata Anies Baswedan di RPH Dharma Jaya, Jakarta, Selasa (20/7). Dilansir Antara.

Anies lantas menjelaskan tingkat keterisian rumah sakit di Jakarta hampir penuh. Lantaran lonjakan kasus positif Covid-19.

"Kepada pengurus masjid sadarilah rumah sakit sudah penuh. Jadi ini bukan dilarang saja, tempatnya kalau sakit sulit," ujar Anies Baswedan.

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sebenarnya telah mengeluarkan Seruan Gubernur nomor 11 tahun 2021 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha saat PPKM Darurat.

"Jadi saya mengingatkan bukan saja potensi penularan tapi kalau terpapar sakit risikonya tinggi sekali," tutur Anies Baswedan.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan terima kasihnya kepada warga Jakarta yang telah mematuhi Seruan Gubernur nomor 11 tahun 2021 seperti melaksanakan shalat Idul Adha di rumah hingga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH).

"Alhamdulillah warga Jakarta hari ini umumnya menaati anjuran untuk menyelenggarakan shalat Idul Adha di rumah. Kemudian kegiatan pemotongan dilakukan di RPH, kalau dilakukan kepanitiaan maka dikerjakan oleh panitia saja," ujar Anies. (mdk/noe)

Baca juga:
Polisi Tegaskan Kerumunan Malam Iduladha di Puncak Adalah Video Lama
Hari Raya Iduladha, Kejagung Kurban 18 Sapi untuk Pegawai dan Masyarakat
Momen Jemaah Haji Melempar Jumrah di Mina
Polres Jakut Bagi-Bagi Paket Nasi Rendang untuk Warga Isoman saat Iduladha
Pemprov NTT Sumbang 25 Ekor Hewan Kurban Disebar ke 25 Masjid
Benarkah Konsumsi Daging saat Iduladha Tingkatkan Risiko Tekanan Darah?

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami