Anies Ingin Kampung di Jakarta Layak Huni, Bersih dan Kekumuhan Hilang

JAKARTA » MALANG | 16 September 2019 16:33 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin kawasan perkampungan di Jakarta menjadi lebih layak huni. Untuk menjadikan kampung-kampung ini layak huni, harus ada kerja sistemik. Hal ini disampaikan usai membuka acara International Field School and Jakarta Urban Kampung Conference, Senin (16/9).

"Jadi tujuannya adalah kita ingin agar kampung-kampung di Jakarta menjadi kampung yang lebih layak untuk dihuni. Kebersihannya ada, kenyamanan ada, kemudian juga kekumuhan hilang. Proses menuju ke sana itu harus dikerjakan secara sistemik, sehingga bisa tuntas, artinya itu bagian dari sistem yang ada di pemerintahan," jelasnya.

Kawasan perkampungan menurutnya adalah bagian tradisi Indonesia. Tak ada istilah 'kampung' dalam bahasa asing khususnya Inggris sehingga langsung diserap dari Bahasa Indonesia. Hal inilah, kata Anies, yang membuatnya unik.

Dalam konferensi ini, peserta datang dari sejumlah negara yang akan melakukan kunjungan ke beberapa kampung di Jakarta, salah satunya Kampung Akuarium. Sebelumnya, perwakilan warga Jakarta pernah berkunjung ke beberapa kawasan perkampungan di Jepang. Berdasarkan hasil kunjungan itu ditemukan bahwa kampung di Jepang mirip dengan di Jakarta.

"Tentu ada perbedaan. Perbedaannya adalah kebersihan. Itu yang paling nyata. Jadi ini bagian dari urban regeneration, pembangunan kembali kawasan-kawasan yang perkampungan untuk menjadi pemukiman yang sehat dan lebih layak untuk semuanya," pungkasnya.

Baca juga:
Sebut Trotoar akan Dibagi, Anies Jamin PKL Tak Serobot Hak Pejalan Kaki
Anies Tanggapi Usulan Wagub Lebih dari Satu: Sampaikan ke Pemerintah Pusat
Anies Baswedan Minta Pabrik yang Cemari Udara Jakarta Ubah Metode Produksi
Pemprov DKI Tuding Pemerintah Penyebab Ada Trotoar di Tengah Jalan Kalimalang
Anies Targetkan Jalur Khusus Sepeda Rampung Sebelum Akhir Tahun 2019
Anies Klaim Ganjil Genap Berefek Positif dan Jumlah Penumpang Transportasi Umum Naik

(mdk/ded)