Anies Jamin Surat-surat Berharga Warga Kampung Bandan yang Terbakar akan Diganti

JAKARTA | 12 Mei 2019 16:39 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan akan membantu meringankan beban warga RW 05, Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara, yang terdampak kebakaran pada Sabtu (11/5) kemarin. Namun, dia belum bisa menentukan apakah warga akan direlokasi atau diberikan bangunan baru.

Anies menyatakan akan berkoordinasi dengan PT KAI yang disebut memiliki beberapa bidang tanah di sekitar lokasi kebakaran.

"Sekarang masih pakai tenda dulu, sambil nanti bicara dengan Kereta Api tentang wilayah ini, sekaligus rencana untuk masyarakat yang menjadi korban di sini," ujar Anies saat meninjau lokasi kejadian, Minggu (12/5).

Terkait dengan surat-surat berharga yang hilang ataupun hangus karena terbakar, Anies meminta agar warga tenang. Sebab, menurut Anies, pemerintah daerah memegang dokumen asli tanah milik warga.

"Begini, semua surat-surat yang dipegang oleh warga itu ada dokumen aslinya juga di pemerintah, baik sertifikat tanah, KTP, kemudian KK, jadi jangan khawatir. Selama datang dengan bukti-bukti yang lengkap insyaAllah bisa diberikan penggantinya," kata Anies.

Anies berharap kepada warga agar segera melapor kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait kehilangan surat-surat berharga tersebut. Setelah melapor, pemerintah akan segera memberikan penggantinya.

"Jadi termasuk KTP, KK, buku nikah banyak yang terbakar, semua kita sudah siapkan begitu mereka lapor langsung akan disiapkan penggantinya. Karena itu penting sekali, setiap saya mampir ke tempat pengungsian, (saya tanya) sudah lapor belum?. Lapor itu bukan soal apa-apa, supaya pemerintah bisa segera menyiapkan dokumen-dokumen pengganti," kata Anies.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber : Liputan6.com

Baca juga:
Gubernur Anies Tinjau Lokasi Kebakaran di Kampung Bandan
Anies Inginkan Penegakan Aturan Pengelolaan Rumah Susun
Cium Ketidakberpihakan Pada Rakyat, KPK Surati Anies Kebijakan Swastanisasi Air
LRT Tinggal Proses Administrasi, Anies Harap Beres Sebelum Lebaran
Anies Konsultasi dengan KPK Terkait Swastanisasi Air

(mdk/ray)