Anies Ogah Buru-buru Tentukan Lahan Reklamasi untuk Dikelola Jakpro

JAKARTA | 25 November 2018 12:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pengelola lahan di tiga pulau reklamasi. Keputusan ini tertuang dalam Pergub Nomor 120 Tahun 2018.

Anies mengatakan, peruntukan lahan di pulau reklamasi C, D dan G sedang dirancang. Dia mengaku tidak mau terburu-buru dalam menentukan peruntukan.

"Jangan buru-buru nanti kita tunjukkan gambarnya, dijelaskan seperti apa bentuknya, dan ini sifatnya antara," kata Anies di Bundaran HI, Minggu (25/11).

Anies menyebut penunjukkan Jakpro mengelola lahan bertujuan agar lahan di tiga pulau itu tidak menganggur, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar.

"Sehingga lahan itu bisa dimanfaatkan masyarakat. Sekarang itu lahannya belum bisa dimanfaatkan apa-apa. Kita tugaskan Jakpro untuk bisa memulai sehingga warga bisa memanfaatkan," ucap Anies.

Diketahui, Pergub tersebut tertulis tanah hasil reklamasi yang dimaksud yakni Pulau C, D dan G. Pada Pasal 2 disebutkan pengelolaan yang dilakukan Jakpro yakni sesuai panduan rancang kota. Selain itu, pengelolaan berupa kerja sama dalam prasarana, sarana dan utilitas.

Dalam Pasal 3 menyebutkan perencanaan, pembangunan dan pengembangan prasarana untuk kepentingan publik di lahan kontribusi, PT Jakpro harus memperoleh rekomendasi teknis dari perangkat daerah terkait sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Reporter: Delvira Hutabarat

Baca juga:
Anies Serahkan Pengelolaan Lahan Reklamasi Pulau C,D, dan G ke PT Jakpro
Hakim PTUN Tolak Gugatan KSTJ Soal SK Hak Guna Bangunan di Pulau Reklamasi
3 Jawaban Ridwan Kamil saat dibandingkan dengan Anies Baswedan
Setahun menjabat, Anies ditantang urai macet bukan cuma hentikan reklamasi
Apa kabar program unggulan Anies Baswedan?
DPRD DKI nilai keputusan Anies memberikan kepastian reklamasi

(mdk/cob)