Anies: Pandemi Seakan Mengarahkan Kita Lebih Menyadari Unsur Keluarga di Iduladha

Anies: Pandemi Seakan Mengarahkan Kita Lebih Menyadari Unsur Keluarga di Iduladha
Anies Baswedan. Instagram/aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 20 Juli 2021 15:09 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan pengalaman merayakan Iduladha di rumah. Dia mengakui ada suasana berbeda yang terasa kali ini. Suasana yang berbeda dari biasanya.

"Bukanlah Iduladha seperti biasa. Gambar gambar dari Tanah Suci: Makkah sepi, arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan berpeci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang," ujar dia, dalam unggahan di akun Instagram @aniesbaswedan, Selasa (20/7).

Iduladha, lanjut dia, merupakan kisah keluarga. Hikmah peristiwa keluarga Ibrahim AS. Sebuah keluarga luar biasa yang sampai sekarang, ribuan tahun kemudian, kisahnya tetap jadi mata air hikmah bagi kita.

"Pandemi ini seakan mengarahkan kita semua untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha. Tahun ini, keluarga-keluarga laksanakan Salat Iduladha di rumah," lanjut Anies.

Pengalaman Idul Adha di rumah, lanjut Anies memberikan waktu dan ruang bagi masing-masing keluarga untuk menjadi lebih dekat. Ada tugas dan peran yang dibagikan satu sama lain.

"Begitu juga dengan kami sekeluarga, ayah jadi Imam Sholat Id, anak jadi khotib. Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran peran ini di rumah-rumah kita," urai dia.

"Sembari menuliskan pesan ini, kami mendoakan semua. Bagi yang saat ini sedang dirawat karena sakit, semoga segera diberi kesembuhan. Bagi yang baru-baru ini kehilangan anggota keluarga, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Bagi yang sedang dalam himpitan ekonomi, semoga segera dibukakan kelonggaran. Bagi yang saat ini dalam kelonggaran ekonomi, dibukakan hatinya untuk mau lebih berbagi pada yang membutuhkan," tandas dia. (mdk/lia)

Baca juga:
Anies: Kita Harus Rayakan Iduladha Dalam Suasana Pandemi Lebih Berat dari Tahun Lalu
Berkurban di Sejumlah Daerah, Anies Pesan Warga Tak Datangi Lokasi Sembelih Hewan
Anies Minta Lurah Hingga Camat Catat dan Penuhi Kebutuhan Warga Jalani Isoman
Anies Sebut 1.900 Pasien Antre untuk Bisa Dapat Kamar Isolasi di Rumah Sakit
Mobilitas Warga Menurun Namun Kasus Tetap Meningkat, Anies Sebut Perlu Waktu

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami