Anies Pastikan Penataan Lahan Hasil Reklamasi Tak Masuk Raperda Zonasi Pulau

JAKARTA | 24 Juni 2019 21:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan penataan lahan hasil reklamasi tak dibahas di Raperda Zonasi Pulau. Penataan lahan hasil reklamasi akan dibahas dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Pemprov DKI Jakarta akan mengusulkan Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K). Namun reklamasi tidak masuk dalam pembahasan karena pulau reklamasi dianggap bagian dari wilayah daratan Jakarta.

Menurut Anies, empat dari 17 daratan Pulau Reklamasi yang sudah jadi akan dibahas lewat RDTR. "Dalam revisi RTRW saat ini RTRW yang lama di dalam peta wilayah Jakarta ada 17 pulau di peta itu. Karena itu nanti dalam revisi hanya tinggal empat yang masih ada, yang sudah ada. Dan yang tidak ada itu akan dihapuskan. Lalu begitu juga turunannya RDTR, di situ nanti diatur seperti itu juga," jelas Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (24/6).

Dia melanjutkan, sedangkan nasib 13 pulau lainnya dipastikan tidak akan dilanjutkan pembangunannya.

"Dan ini juga salah satu syarat untuk memastikan bahwa nomor satu, reklamasi sudah tidak lagi masuk di dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Kalau tidak masuk dalam RPJMD artinya dia tidak lagi dilaksanakan," ungkap Anies.

Reporter: Ratu Annissa Suryasumirat

Baca juga:
NasDem DKI Kritik Anies Karena Sebut Reklamasi Sebagai Pantai Bukan Pulau
Diprotes Karena Terbitkan IMB Pulau Reklamasi, Anies Tegaskan Hanya Ikut Aturan
Penjelasan Lengkap Anies Baswedan saat 'Diserang' Isu Reklamasi
Aksi Jalan Mundur Protes Anies Baswedan Terbitkan IMB Reklamasi
Ogah Silang Pendapat, Luhut Enggan Komentari Anies Baswedan Soal Reklamasi

(mdk/noe)