Anies Resmikan Lapangan Ingub Muara Angke: Fasilitas Bertaraf Internasional

Anies Resmikan Lapangan Ingub Muara Angke: Fasilitas Bertaraf Internasional
Anies Baswedan lepas atlet Peparnas Papua. ©Facebook/Anies Baswedan
JAKARTA | 27 November 2021 08:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Lapangan Ingub Muara Angke di Jalan Dermaga, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (26/11) malam. Dia mengharapkan adanya lapangan tersebut dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam bidang olahraga.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan fasilitas yang dihadirkan berstandar internasional, khususnya sepak bola. Yakni dengan adanya rumput sintetis bersertifikat FIFA.

"Targetnya yaitu pengguna masyarakat umum. Khususnya, kalangan menengah ke bawah yang selama ini peluangnya kecil untuk bisa menikmati fasilitas berstandar internasional dengan mudah dan gratis. Hal itu kini bisa didapatkan di lingkungan sekitarnya," katanya dalam keterangan tertulis.

Anies menyatakan adanya alasan penamaan lapangan olahraga tersebut. Yaitu terinspirasi dari Sekolah Dasar Inpres yang dulu hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat menengah ke bawah dalam mendapatkan pendidikan yang setara dengan masyarakat menengah ke atas.

Bahkan, kata dia, lapangan Ingub tersebut dapat digunakan masyarakat secara gratis sesuai UU yang telah ditetapkan.

"Lapangan sepak bola berstandar kelas dunia ini nantinya akan dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak untuk dikomersialkan," ujarnya.

Sementara itu, Lapangan Ingub Muara Angke ini memiliki luas lahan sebesar 12.500 meter persegi. Fasilitas ini merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (KIB A Sudinpora Jakarta Utara) dan hasil dari revitalisasi tahun 2019 melalui dana pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB).

Lanjut Anies, penggunaan fasilitas milik Pemprov DKI dapat dilakukan secara pendaftaran secara online. Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta meluncurkan aplikasi E-Booking Fasilitas Olahraga sebagai alat pemesanan fasilitas olahraga secara elektronik.

Aplikasi E-Booking Fasilitas Olahraga sudah terintegrasi dengan aplikasi JAKI.

"Nantinya, seluruh masyarakat DKI Jakarta yang ingin menggunakan fasilitas-fasilitas olahraga milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memanfaatkan layanan ini secara gratis. Cukup dengan mengunduh aplikasi JAKI melalui perangkat seluler," tutupnya.

Reporter: Ika Defianti/Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
PDIP Sebut Penunjukan Panitia Formula E Merupakan Hak Anies Baswedan dan Jakpro
Pemprov DKI akan Cairkan Dana KJP Plus dan KJMU Tahap 2 pada 29 November
PDIP Sebut Masa Jabatan Anies Tersisa Kurang 1 Tahun, TGUPP Harusnya Tak Pakai APBD
Anies Tunjuk Ahmad Sahroni Ketua Pelaksana Formula E, Bamsoet Jadi Panitia Pengarah
Anies Baswedan: Lokasi Formula E Masa Urusan Presiden

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami