Anies Sebut PSBB Akibat Pandemi Berdampak Positif Pada Kualitas Udara Jakarta

Anies Sebut PSBB Akibat Pandemi Berdampak Positif Pada Kualitas Udara Jakarta
JAKARTA | 7 Juli 2020 14:27 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSB) selama pandemi Covid-19 berdampak baik terhadap kualitas udara di Jakarta. Langit Jakarta, katanya, berwarna biru cerah.

"Kantor tutup, sekolah tutup, masyarakat berada di rumah sejak Maret sampai tengah Juni, langit Jakarta sudah kembali biru," ujar Anies dalam sebuah diskusi virtual melalui channel Youtube RCUS Jakarta yang dikutip Selasa (7/7).

Dia juga melihat banyak warga Jakarta mengabadikan gambar langit Jakarta yang berwarna biru cerah. Dia berharap kondisi itu terus bisa terus bertahan dibantu dengan kesadaran masyarakat.

"Artinya, kita bisa sampaikan kepada masyarakat, apakah mau tetap langitnya biru? Atau mau kembali ke langit abu-abu (penuh polusi) seperti tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Di hari yang sama, Koalisi Inisiatif Bersihkan Udara Semesta (Koalisi Ibukota) memperingati satu tahun proses gugatan atas polusi udara Jakarta. Sebab proses persidangan perkara ini berjalan dengan sangat lambat.

Pada Sabtu (4/7) lalu, terhitung proses gugatan perkara ini sudah genap satu tahun. Sementara, agenda persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat baru pembuktian.

Penggugat melayangkan gugatannya terhadap tujuh pejabat pemerintahan yakni Presiden Republik Indonesia (Tergugat 1), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Tergugat 2), Menteri Dalam Negeri (Tergugat 3), Menteri Kesehatan (Tergugat 4).

Kemudian Gubernur DKI Jakarta (Tergugat 5), Gubernur Banten (Turut Tergugat 1), dan Gubernur Jawa Barat (Turut Tergugat 2).

Adapun aturan yang digugat salah satunya yakni Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. (mdk/lia)

Baca juga:
Khawatir Jadi Klaster Baru, Satpol PP Larang Pedagang Berjualan di KBT
KCI Sebut Pengaturan Jam Kerja Solusi Urai Kepadatan KRL
Angkot Beroperasi dengan Protokol Kesehatan
5 Ribu ASN Disebar Pantau Aktivitas 151 Pasar di Jakarta hingga PSBB Transisi Usai
PSBB Diperpanjang, Polisi Ancam Bubarkan Warga Nongkrong di Sekitar Monas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami