Anies sebut PSBB Sudah Teruji sejak Flu Spanyol 100 Tahun Lalu

Anies sebut PSBB Sudah Teruji sejak Flu Spanyol 100 Tahun Lalu
JAKARTA | 8 April 2020 23:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yakin penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota dapat semakin menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebab langkah tersebut sudah pernah diterapkan sejak 100 tahun lalu.

"Ini bukan rumus yang baru dibuat di Jakarta. Ini sudah dilakukan sejak 100 tahun lalu ketika terjadi wabah pandemi flu spanyol," tutur Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Menurut Anies, sejumlah daerah dan kota yang menerapkan pembatasan berskala besar di masa lalu telah berhasil menekan kasus penderita flu spanyol.

"Kita bisa menyaksikan kota yang melakukan pembatasan secara serius, yang warganya disiplin, maka case fatality rate-nya rendah. Sementara kota yang membiarkan itu berjalan terus, case fatality rate-nya tinggi. Nah kita sudah belajar dari situ. Kita jangan mengulang," jelas dia.

Anies menegaskan bahwa PSBB merupakan program untuk menjaga dan menyelamatkan seluruh masyarakat Indonesia dari pandemi Covid-19. Maka masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dan disiplin mengikuti aturan tersebut.

"Ini bukan program pemerintah untuk pemerintah, ini program perlindungan seluruh warga negara," Anies menandaskan. (mdk/ded)

Baca juga:
Satu Hari Jelang PSBB DKI, Polisi Sebut Volume Kendaraan Menurun
Polisi Tunggu Pergub DKI Terkait Sanksi Selama PSBB
PSBB Dimulai Besok, Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Warga Jakarta Aman
Selama PSBB, Transjakarta Lakukan Perubahan Pola Operasional
Anies Minta Warga Disiplin PSBB agar Semua Selamat
Anies Minta Pusat Kaji Kembali Larangan Ojek Tarik Penumpang di Jakarta Saat PSBB

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami