Anies: Selama PSBB Transisi Ada 6.748 Kasus Baru Covid-19 di Jakarta

Anies: Selama PSBB Transisi Ada 6.748 Kasus Baru Covid-19 di Jakarta
JAKARTA | 13 Juli 2020 16:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi yakni 4 Juni-12 Juli terdapat enam ribuan kasus baru positif Corona atau Covid-19.

Dia menyatakan ribuan kasus tersebut karena pihaknya yang terus melakukan tracing ke masyarakat atau active case finding.

"Kita menemukan 6.748 kasus baru memang karena kita aktif melakukan tracing," katanya dalam akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Senin (13/7).

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan sebagian besar dari kasus baru tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG). Dia menjelaskan, sejumlah fasilitas kesehatan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan tes terkait Covid-19.

"Saya mengingatkan pada semua 66 persen dari yang kita temukan adalah OTG, orang tanpa gejala. Orang yang dia tidak sadar dia sudah terekspose," ucapnya.

Karena hal itu, dia meminta agar masyarakat berhati-hati dan tetap melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

"Jangan anggap enteng. Jangan merasa kita sudah bebas dari Covid-19. Karena nanti kalau kondisi ini berlangsung terus, bukan tidak mungkin kita akan kembali ke situasi sebelum ini," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 404 orang pada Minggu (12/7). Berdasarkan penambahan tersebut saat ini jumlah kumulatif pasien di mencapai 14.361 kasus.

"Dari jumlah tersebut, 9.200 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 702 orang meninggal dunia," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan pers.

Selain itu dia mengatakan terdapat 554 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.905 orang melakukan self isolation di rumah.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
DPRD Minta Pemprov DKI Berani Perketat PSBB Jika Kasus Covid-19 Melonjak
Lurah Sunter Agung Klaim Kasus Covid-19 di Wilayahnya Menurun
Pelanggaran Lalin saat PSBB Transisi Meningkat, Polisi Kembali Berlakukan Tilang
Wagub DKI Ajak Peserta Didik & Pengajar Tetap Tangguh di Masa Pandemi Covid-19
Lonjakan Kasus Covid-19 di DKI, DPRD Minta Anies Segera Karantina Lokasi Sebaran
Penambahan Kasus Baru di DKI Melonjak, Ini Kelurahan Pasien Covid-19 Terbanyak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami