Anies Soal Covid-19: Bila Kondisi Sekarang Tak Terkendali Akan Masuk Fase Genting

Anies Soal Covid-19: Bila Kondisi Sekarang Tak Terkendali Akan Masuk Fase Genting
Ilustrasi Covid-19. Liputan6 ©2020 Merdeka.com
JAKARTA | 14 Juni 2021 07:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan tajam dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, Jakarta dapat memasuki fase genting bila penanganan kasus Covid-19 tidak dapat segera ditangani dengan baik.

"Bila kondisi sekarang tidak terkendali kita akan masuk fase genting. Bila fase genting itu terjadi kita harus ambil langkah drastis seperti September dan Februari lalu," kata Anies di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (13/6).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan potensi itu dapat terjadi ketika fasilitas kesehatan mulai kewalahan dalam menangani peningkatan drastis jumlah pasien Covid-19.

Oleh sebab itu, Anies meminta adanya pendisiplinan secara kolektif yang melibatkan semua pihak.

"Harus semua unsur bersama. Kami berharap dengan langkah pendisiplinan yang ditingkatkan beberapa hari ke depan mudah-mudahan situasi di Jakarta menjadi lebih terkendali dan kita berharap kegentingan yang dikhawatirkan tidak terjadi," papar dia.

Anies juga menyebut adanya peningkatan kasus aktif Covid-19 bila dibandingkan pada 6 Juni 2021. Peningkatan tersebut yakni 7 ribu kasus hingga Minggu (13/6/2021).

"Kasus aktif naik 11.500 jadi 17.400, naik 50 persen dalam 1 Minggu," ujarnya.

Anies juga menyatakan positivity rate naik dari 9 persen menjadi 17 persen. Anies menyebut bila kemampuan testing Covid-19 sudah dilakukan empat kali lipat.

"Pekan ini ditingkatkan 8 kali lipat tapi tetap positivity ratenya tinggi. Ini menunjukkan di luar sana ada peningkatan kasus yang amat signifikan," ucap Anies.

Sementara itu, ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Ibu Kota juga mengalami peningkatan. Anies menyebut kenaikan tersebut sebesar 30 persen dari sejak 5 Juni 2021.

"Keterisian tempat tidur juga meningkat dari 45 persen pada 5 Juni jadi 75 persen hari ini. Walaupun tingkat kematian di Jakarta relatif stabil tidak mengalami perubahan signifikan," jelas Anies.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Terpapar Covid-19, Wali Kota Salatiga Yulianto Isolasi Mandiri
Anies Sebut 27 Persen Pasien Dirawat di RS Rujukan Adalah Warga Luar Jakarta
Pascalebaran, Anies Sebut Jakarta Hadapi Gelombang Baru Covid-19
Anies Baswedan: Keterisian Tempat Tidur RS Covid-19 Naik 30 persen
Anies Baswedan: Beberapa Hari Ini, Kondisi Jakarta Amat Mengkhawatirkan
Dari Seribu Lansia di OKU, Baru 111 Orang yang Divaksinasi Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami