Anies soal narkoba: Tegas pada distributor, sayang kepada korban

Anies soal narkoba: Tegas pada distributor, sayang kepada korban
Kandidat debat Pilgub DKI. ©2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman
JAKARTA | 10 Februari 2017 20:25 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Calon gubernur DKI nomor 3, Anies Baswedan menyebut perlu ada tindakan tegas kepada para distributor narkoba guna meminimalisir penyebaran. Namun, kondisi sebaliknya harus dilakukan kepada para korban narkoba.

"Kita tegas pada distributor (narkoba), kasih sayang kepada korban," kata Anies. Itu diungkapkan dalam debat Pilgub DKI terakhir bertema 'Masalah Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Jakarta' di Jakarta, Jumat (10/2).

Menurut Anies, ada dua aspek guna meminimalisir peredaran narkoba, yakni supplay dan demand. Untuk sisi demand, Anies merasa perlu adanya kekebalan atas godaan narkoba dengan menggiatkan gerakan RW siaga.

Biasanya, kata Anies, RW siaga hanya berurusan dengan masalah kesehatan. Nantinya program ini juga membuat ketahanan lingkungan.

"Membuat lingkungan aman bagi narkoba, caranya mengaktifkan RW siaga, bukan hanya masalah kesehatan. Nanti ditambah untuk ketahanan lingkungan," tegasnya.

Menurut Anies, narkoba adalah masalah besar di DKI Jakarta. Kurikulum narkoba juga dianggap belum cukup, sebab hanya anaknya tidak orang tuanya. Sehingga perlunya danya ketahanan lingkungan.

"Lingkungan tentu tahu tanda-tanda ada narkoba masuk," terangnya. (mdk/ang)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami