Anies Ungkap Positivity Rate Covid-19 Jakarta Telah Lewati Batas Aman WHO

Anies Ungkap Positivity Rate Covid-19 Jakarta Telah Lewati Batas Aman WHO
JAKARTA | 25 Juli 2020 13:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut hingga saat ini angka kasus positif virus corona atau Covid-19 masih tinggi di Ibu Kota. Angka positivity rate atau persentase positif dari hasil pemeriksaan dalam dua minggu terakhir menunjukkan tren peningkatan.

Dia menjelaskan berdasarkan standar dari organisasi kesehatan dunia (WHO) batas aman atau normal positivity rate adalah 5 persen.Positivity rate adalah rasio antara jumlah orang yang mendapat hasil positif lewat tes Corona dengan total jumlah tes.

"Tiga minggu lalu nilai positivity rate Jakarta adalah 4,8 persen, lalu dua minggu lalu naik jadi 5,2 persen. Lalu seminggu terakhir ini menjadi 5,9 persen. Kita harus waspada, 4,8 persen, 5,2 persen, 5,9 persen," kata Anies dalam video YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (25/7).

Peningkatan itu, kata Anies, akibat adanya active case finding yang dilakukan fasilitas kesehatan. Lanjutnya, sebanyak 30 persen dari penemuan kasus baru di Jakarta hasil dari active case finding. Kemudian 20 persen lainnya merupakan hasil tracing atau penelusuran kasus yang telah ditemukan sebelumnya.

"Dan 50 persen lainnya dari pasif case finding, artinya yang datang ke klinik dan punya gejala," ucapnya.

Baca Selanjutnya: Kasus Positif Jakarta...

Halaman

(mdk/bim)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami