Antisipasi Banjir, Anies Klaim Sudah Siagakan Petugas dan Pompa Air

Antisipasi Banjir, Anies Klaim Sudah Siagakan Petugas dan Pompa Air
Anies Baswedan di TTIC Jakarta Selatan. ©2020 Merdeka.com/Nur Habibie
JAKARTA | 9 Februari 2020 10:04 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, ibu kota mengalami hujan yang sangat ekstrem. Hal itu berdasarkan prediksi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap beberapa wilayah di Indonesia beberapa hari lalu.

"Kemarin, sejak Sabtu dini hari Jakarta mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Curah hujan itu disebut lebat bila di antara 50-100 mm, disebut sangat lebat bila 100-150 mm, dan ekstrem bila di atas 150 mm. Yang kemarin dialami di Jakarta itu sampai dengan 244 mm, jadi kita mengalami curah hujan ekstrem," katanya di TTIC, Jakarta Selatan, Minggu (9/2).

Untuk itu, dia telah menyiagakan sejumlah alat untuk bisa mengendalikan air akibat hujan yang sangat ekstrem. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, pihaknya sudah mulai menyiagakan para petugas dan alat untuk menangani banjir sejak Jumat (7/2) kemarin.

"Kemarin di Jakarta mulai jam 10 malam kita sudah mulai siaga hari Jumat malam karena kita menyaksikan di bendung Katulampa sudah mengalami peningkatan status kesiagaan dan Alhamdulillah kemarin sudah sampai puncaknya dan lewat hingga terkendali dengan baik," ujarnya.

"Ke depan kita selalu siaga, semua petugas bersiap dan kita berharap seluruh masyarakat mengantisipasi karena curah hujan ekstrem," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Siagakan Pompa Air...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami