Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Siagakan 487 Unit Pompa

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Siagakan 487 Unit Pompa
Banjir di Kampung Pulo. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JAKARTA | 21 Januari 2021 13:12 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyediakan 487 unit pompa air sebagai penanggulangan banjir. Jumlah pompa tersebar di 178 lokasi rumah pompa.

Dikutip melalui akun instagram @dkijakarta satu dari sekian sistem pengendali air yang cukup penting di Jakarta berada di rumah pompa Pluit, Jakarta Utara. Dijelaskan bahwa rumah pompa Pluit terus dioperasikan secara maksimal sebagai pengendali banjir di daerah hilir.

Unit yang tersedia di rumah pompa Pluit adalah 10 unit pompa, 6 unit genset, dan 38 personel. Pemprov DKI menjamin operasional rumah pompa Pluit sebagai wilayah pengendalian banjir terpenting di hilir berjalan optimal.

"Kesiapan pompa di seluruh rumah pompa DKI Jakarta akan terus dioptimalkan sehingga diharapkan saat musim hujan ini tidak ada masalah dalam pengoperasiannya," demikian unggahan Pemprov yang dikutip pada Kamis (21/1).

Sebelumnya, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menghadapi banjir tahun ini. Persiapan antisipasi banjir adalah pengerukan sungai, waduk, dan embung, dan membangun sumur resapan.

Namun, menurutnya sebesar apapun anggaran yang dialokasikan tidak akan mampu mengurangi banjir di Jakarta, jika masyarakat tidak turut partisipasi terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Intensitas hujan semakin tinggi tahun demi tahun, berapa pun besarnya program yang kami anggarkan tidak kurang dari Rp 5 triliun di 2021-2022 terkait penanganan banjir, tapi semuanya berpulang pada kita semua warga Jakarta," ucap Riza di Balai Kota, Rabu (20/1).

Politikus Gerindra itu menuturkan pihaknya secara rutin meminta warga Jakarta untuk membuat sumur resapan di wilayah kediamannya. Hal itu menurutnya untuk menekan jumlah titik titik banjir di Jakarta.

"Sejak awal kami juga meminta warga memastikan selokannya bersih dan membuat sumut-sumur resapan," tuturnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Membandingkan Curah Hujan Penyebab Banjir Awal Tahun di Jakarta dan Kalsel
Jakarta yang Dibayang-Bayangi Banjir dan Pandemi Covid-19
Wagub DKI: Kita Harus Bersiap-siap Menghadapi Potensi Banjir dan Longsor
10 RT di Jakarta Terendam Banjir Hari Ini
DPRD DKI Minta Dinas SDA dan LH Bersinergi Tangani Banjir di Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami