Antrean Mengular Imbas Penutupan, Pengelola TMII Sebut Kapasitas Pengunjung Sudah 30%

Antrean Mengular Imbas Penutupan, Pengelola TMII Sebut Kapasitas Pengunjung Sudah 30%
TMII diserbu wisatawan. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
JAKARTA | 15 Mei 2021 15:39 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Media sosial diramaikan adanya kemacetan panjang di sejumlah pintu akses masuk wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kemacetan itu dipicu penutupan sementara salah satu lokasi wisata di Jakarta tersebut karena telah mencapai batas maksimal kuota 30 persen pengunjung.

Keputusan itu diambil pihak pengelola TMII sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dengan pembatasan kuota pengunjung dari kapasitas normal.

"TMII ditutup sementara, karena kapasitas pengunjung sudah penuh pada 30 persen kapasitas normal, sehingga kita tutup sementara," kata Kepala Humas TMII, Adi Widodo ketika dihubungi merdeka.com, Sabtu (15/5).

Adi mengatakan, penutupan sementara ini dilakukan karena pengunjung yang telah memasuki TMII sampai siang hari ini telah mendekati kuota maksimal 18 ribu pengunjung atau 30 persen dari kouta maksimal 60.000 ribu pengunjung.

"Batas penutupan itu 18 ribu, kapasitas kan 60 ribu sehingga kita harus tutup sementara," kata Adi.

Namun Adi belum bisa memastikan waktu pembukaan kembali TMII lantaran terlebih dulu melihat kapasitas jumlah pengunjung.

"Kita tidak bisa perkirakan akan dibuka kembali kapan, itu semua tergantung dari pengunjung yang meninggalkan TMII. misalkan katakanlah ada pengurangan seribu baru kita buka untuk kapasitas seribu pengunjung. Kira-kira seperti itu skemanya," kata dia.

Untuk diketahui, penutupan lokasi wisata TMII berimbas pada kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju lokasi wisata tersebut. Seperti unggahan di instagram @jakarta.terkini terlihat artrian pengunjung di pintu II TMII, menunggu untuk pintu gerbang di buka.

Kemacetan juga terlihat pada unggahan akun @warungjurnalis yang merekam penumpukan kendaraan mulai dari persimpangan depan Mall Tamini Square ke arah akses di Pintu I Utama TMII, jalan Taman Mini Indonesia Indah. (mdk/gil)

Baca juga:
TMII Diserbu Pengunjung pada Hari Ketiga Lebaran
Hari Pertama Lebaran, 1.475 Mobil dan 2.207 Motor Masuk TMII
10 Ribu Pengunjung Padati TMII di Hari Pertama Libur Lebaran
Hari Pertama Lebaran, Pengunjung TMII Capai 4.000 Orang
Daftar Tempat Wisata di Jakarta yang Tetap Buka Saat Lebaran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami