Apel Siaga PPK & PPS, Anies Minta Petugas Tak Bisa Dikompromikan

JAKARTA » MALANG | 14 April 2019 10:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Anies Baswedan menitipkan sedikitnya tiga pesan kepada apel siaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 di wilayah Jakarta.

"Pertama, pastikan proses lancar dan baik. Kita yang berada di lapangan ini adalah orang-orang di belakang layar, tapi kalianlah yang dapat membuat proses lancar dan baik," ucap Anies di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, (14/4).

Kedua, Anies menegaskan, 29.000 tempat pemungutan suara (TPS) di DKI adalah amanat yang dititipkan kepada Ibu Kota, sebagai barometer pesta demokrasi berjalan baik dan lancar.

"Jadi, pegang ini sebagai amanat, sampaikan ke yang di rumah, saya berangkat dengan harga diri tak bisa dikompromikan tunjukan Jakarta jadi tempat penyelenggaraan berintegritas," tegas Anies.

Terakhir, Anies meminta kepada jajarannya untuk bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para penyelenggara Pemilu, seperti KPU provinsi, dan Bawaslu agar semua bisa berjalan baik, aman, lancar.

"Saya minta seluruh jajaran, fasilitasi sebaiknya, jangan hanya urun angan, tapi turun tangan. Bantu teman-teman di garis depan, penuhi sebaiknya," kata Anies.

Pesan Ketua KPU RI

Ketua KPU RI, Arief Budiman, menambahkan para petugas penyelenggara Pemilu harus dapat menjaga kepercayaan publik. Dengan demikian, para pemilih bisa percaya dengan hasilnya dan meredam terjadinya konflik.

"Jaga kepercayaan publik terhadap proses yang baik, maka mereka (pemilih) akan percaya. Anda harus terbuka, transparan dan baik. Kerjakan dengan integritas," tegas Arief dalam kesempatan yang sama.

Terakhir, Arief berpesan untuk tidak pernah percaya kepada pihak yang menawarkan janji manis. Jalankan sesuai aturan, jangan lemahkan marwah penyelenggara dengan bekerja di luar regulasi.

"Jangan pernah percaya janji-janji untuk berbuat di luar regulasi. Kerjakan dengan soliditas, jangan ribut dan bertengkar, itu justru melemahkan anda sendiri," Arief menyudahi.

Reporter: Muhammad Radityo

Baca juga:
13.207 Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu di Kabupaten Tangerang
Hari Ini, WNI di Malaysia dan Filipina Ikuti Pencoblosan Pemilu 2019
Warga Malang Sebar Poster Lawan Serangan Fajar Pileg dan Pilpres
Jokowi: Masa Tenang Enggak Usah Aneh-aneh
KPI Imbau TV & Radio Tak Siarkan Ulang Debat Terakhir Pilpres di Masa Tenang
Baharkam Polri Angkut 71 Personel Amankan Pemilu di Fakfak & Kaimana Papua

(mdk/rhm)