Balapan Perdana Diguyur Hujan, Begini Penampakan Arena Balap Motor di Ancol

Balapan Perdana Diguyur Hujan, Begini Penampakan Arena Balap Motor di Ancol
Balap Motor Perdana di Ancol. Bachtiaruddin
JAKARTA | 16 Januari 2022 10:25 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Polda Metro Jaya menggelar perdana balap motor di Jalan Inpeksi Kali Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1). Adu balap kuda besi bertajuk latihan bersama itu digelar pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, hujan mengguyur kawasan street race menjelang latihan bersama dimulai. Padahal balap perdana itu tinggal menunggu hitungan jam. Hujan mengguyur lintasan sejak pukul 09.00 WIB.

Di lokasi para kelompok sudah menyiapkan settingan motor untuk balap. Lokasi balap ramai ramai bising knalpot racing motor dua sampai empat tak yang menghiasi sekitaran area Street Race sedari awal pintu masuk. Namun akibat guyuran hujan yang cukup deras, aktivitas itu pun berhenti sejenak.

Petugas maupun pengunjung hingga para pebalap nampak berbondong-bondong mencari tempat teduh untuk melindungi diri. Meski demikian, seluruh area venue seperti tempat pitstop para pebalap, area lintasan hingga lampu start telah terpasang dan siap menjadi lintàsan adu cepat 350 pebalap.

balap motor perdana di ancol
Bachtiaruddin

Di sisi lain, untuk venue seperti bazar hingga panggung band juga terlihat telah berdiri untuk menghibur pengunjung selain menikmati balapan.

Hingga berita ini dinaikkan, hujan masih mengguyur lokasi sampai pukul 09.30 WIB. Nampak juga para petugas yang saling berkoordinasi untuk menyambut kedatangan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, maupun tamu undangan lainnya.

2 dari 2 halaman

Balap Perdana Dikawal 500 Polisi

Polda Metro Jaya sebelumnya mengerahkan sekitar 500 personel untuk mengamankan ajang balap jalanan di Jalan Kali Inspeksi di Ancol Jakarta Utara, Minggu (16/1) hari ini. Personel yang dikerahkan berasal dari Brimob hingga Sabhara.

"Personel cukup banyak, ada sekitar 500-an," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Sabtu (15/1).

Sambodo mengatakan, personel polisi juga akan melakukan pengecekan terhadap para penonton yang akan memasuki arena balap, guna mengantisipasi adanya penonton yang membawa barang dan benda tajam. Para penonton juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas dengan menunjukkan status kesehatan pada aplikasi PeduliLindungi.

"Ada pengecekan kesehatan. Penonton masuk Ancol dulu. Jadi ada pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi. Ada pengecekan juga dari pengurusnya," ujar dia.

Ada sekitar 350 pembalap akan mengikuti latihan balap jalanan bersama komunitas "street race" di Ancol. Sambodo, yang dibagi ke dalam beberapa kelas. "Ada kelas matik 4 tak, sport 2 tak, kelas sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, bahkan kelas vespa ada," kata dia. (mdk/gil)

Baca juga:
Begini Syarat dan Ketentuan Ikut Latihan Bersama Street Race di Ancol
200 Pembalap Liar Mendaftar untuk Balapan di Ancol
Curhat Kapolda Metro Pusing Ulah Balap Liar Sejak Jabat Kapolsek 21 Tahun Lalu
Balap Liar Difasilitasi, Polisi Harap Tak Ada Lagi Taruhan hingga Keributan di Jalan
Perlu Strategi Matang Memutus Mata Rantai Balap Liar
Balapan bagi Pembalap Liar di Ancol Dimulai 16 Januari, Ini Syarat & Cara Daftarnya
Persiapan Trek Balap Liar Legal di Ancol

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami