Bank DKI Bakal Terlibat Pendanaan MRT Jakarta Rute Ujung Menteng-Kalideres

Bank DKI Bakal Terlibat Pendanaan MRT Jakarta Rute Ujung Menteng-Kalideres
JAKARTA | 27 Februari 2020 23:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pembangunan jalur MRT Jakarta fase III yakni rute Ujung Menteng-Kalideres akan melibatkan PT Bank DKI yang terlibat dalam pendanaan. Selain itu dalam pendanaan itu juga akan menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) lain.

"Dana investasi tersebut akan dihitung berdasarkan kebutuhan dana yang dibutuhkan MRT dan kesiapan BPD. PT MRT Jakarta juga akan memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Fase III," kata Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2).

Dia menyebut pendanaan ini merupakan bentuk kolaborasi antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta. Seperti halnya dengan BUMD lainnya PT LRT Jakarta dan PT Transjakarta dalam hal transaksi non-tunai kepada penumpang.

1 dari 1 halaman

Bank DKI Mulai Kelola Keuangan MRT Jakarta

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat menyatakan kerjasama dengan Bank DKI sudah dimulai dalam pengelolaan administrasi keuangan di MRT Jakarta.

"Terdapat empat bentuk rintisan kerja sama di antaranya payroll system, operational financing, fund placement dan kesejahteraan lainnya," jelasnya.

Rute Kalideres-Ujung Menteng merupakan bagian dari koridor Timur-Barat yang terbentang dari Balaraja hingga Cikarang sepanjang 31,7 kilometer. Dalam tahap awal, MRT Jakarta akan fokus pada rute di dalam kota.

Jika Pemprov DKI setuju, pembangunan koridor Timur-Barat inner Jakarta akan dibagi menjadi dua tahapan, yaitu stage I Kalideres-Cempaka Baru sepanjang 20,1 km dan stage II Cempaka Baru-Ujung Menteng 11,6 km.

Lantaran besarnya dana yang dibutuhkan, MRT Jakarta mengaku skema pembiayaan koridor Timur-Barat tidak bisa menggunakan strategi pinjaman antarpemerintah (G to G) seperti koridor Utara-Selatan Fase I dan II.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan MRT Jakarta fase pertama dengan rute Stasiun Bundaran HI - Stasiun Lebak Bulus pada Minggu (24/3/2019).

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami