Bantu Polisi, Pengelola Tol dan Transjakarta Diminta Pasang Kamera Pemantau ETLE

Bantu Polisi, Pengelola Tol dan Transjakarta Diminta Pasang Kamera Pemantau ETLE
CCTV penerapan ETLE di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.. ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 22 Januari 2021 10:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyarankan pengelola Trans Jakarta dan Tol memasang kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk memantau arus lalu lintas.

"Kepada pengelola jalan tol dan pengelola TransJakarta agar di jalan tol maupun jalur TransJakarta itu juga dipasang kamera (ETLE)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Jumat (22/1).

Sambodo mengatakan, kamera ETLE akan membantu pihak kepolisian dalam menertibkan kendaraan yang menerobos jalur TransJakarta. Begitu pun ketika di ruas jalan tol. Menurut dia, kendaraan memacu melewati batas kecepatan yang telah ditentukan pun bisa dengan mudah ditindak.

"Bagi para pengendara yang nyelonong masuk jalur TransJakarta bisa tertangkap kamera. Demikian juga dengan kendaraan-kendaraan yang melanggar batas kecepatan di jalan tol bisa tertangkap di kamera," ujar dia.

Sambodo mengklaim sistem ETLE mampu mengubah perilaku pengendara menjadi lebih tertib dalam berlalu lintas.

"Titik-titik yang ada kamera ETLE nya terjadi peningkatan disiplin lalu lintas hal ini menunjukkan bahwa kamera ETLE sangat efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pelanggaran," ucap dia.

Sambodo kemudian membeberkan jumlah pelanggaran lalu lintas di ruas jalan yang sudah terpasang kamera ETLE justru mengalami penurunan.

"Artinya di titik tersebut terjadi peningkatan disiplin berlalu lintas. Hal ini menunjukkan efektifitas dari kamera etle dalam meningkatkan disiplin lalu lintas pengendara di Jakarta," tandas dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami