Bawaslu Jakarta Selatan Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Bawaslu Jakarta Selatan Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19
JAKARTA | 4 April 2020 09:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Demi mengurangi beban pekerja informal dan buruh harian di pandemik Covid-19, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jakarta Selatan mengadakan kegiatan sosial berupa pembagian paket makan siang dan sembako di wilayah Jakarta Selatan. Kegiatan sosial bertajuk "Bawaslu Jaksel Berbagi" ini dilaksanakan mulai Jumat (3/4) hingga beberapa hari ke depan, yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-12 Bawaslu RI.

Kegiatan diawali dengan pembagian 25 paket makan siang kepada para pengemudi ojek online, sopir angkot, dan pedagang asongan di perempatan Pejaten Village, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Abdul Salam, Ketua Panitia Bawaslu Jaksel Berbagi, menjelaskan kegiatan sosial ini didasari keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memberlakukan social distancing dan work from home, serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh pemerintah RI sejak 1 April 2020 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sekitar 2 juta orang pekerja sektor informal di Jakarta berkurang pendapatannya hingga 90 persen. Bahkan ada yang sama sekali tidak punya penghasilan selama pembatasan sosial tersebut seperti ojek online, sopir angkot, pedagang asongan, dan pemulung.

Dia menjelaskan, sumber pendanaan kegiatan sosial ini tidak menggunakan dana operasional, melainkan sumbangan atau donasi dari semua pimpinan dan staf Bawaslu Jaksel.

"Tidak ada anggaran dari APBN atau APBD yang kami gunakan untuk kegiatan ini. Namanya juga kegiatan sosial, sumber dananya adalah sumbangan dari keluarga besar Bawaslu Jaksel," ujar Abdul Salam yang juga Komisioner Bawaslu Kota Jaksel.

Pada hari-hari berikutnya, selain membagikan paket makan siang, juga akan dibagikan paket sembako. Sehingga diharapkan bisa mengurangi beban para pekerja harian yang pendapatannya sedang minim di masa wabah covid-19 ini.

"Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Dan semoga wabah covid-19 segera berlalu," pungkas Abdul Salam. (mdk/sya)

Baca juga:
Dibebaskan karena Wabah Corona, Puluhan Napi di Bandung Mulai Dipulangkan
WHO Kini Dukung Semua Orang Pakai Masker Cegah Penularan Virus Corona
DJ Cantik Ini Live Streaming di Bigo Live untuk Hiburan, Simak Jadwalnya
Meksiko Hentikan Produksi Bir Corona di Tengah Wabah Covid-19
Office Boy Dekat Ruang Ketua DPR Positif Corona, Rapid Test Langsung Digelar
KAI Perpanjang Pengembalian Uang Tiket Utuh dengan Waktu Berangkat Hingga 4 Juni

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami