BBWSCC Harap Tim Pengadaan Tanah Bentukan Anies Segera Bekerja

BBWSCC Harap Tim Pengadaan Tanah Bentukan Anies Segera Bekerja
JAKARTA | 15 Januari 2020 14:44 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membentuk tim persiapan pengadaan tanah untuk proyek sodetan Kali Ciliwung di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. Hal itu diatur dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1744 tahun 2019 tentang Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Administrasi Jakarta Timur.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Bambang Hidayah menanggapi positif pembentukan tim tersebut. Dia pun berharap tim tersebut segera menjalankan tugasnya.

"Kalau saya positif saja. Tim Gubernur kan. Saya positif saja. Mohon segera kerja kan gitu," katanya saat dihubungi, Rabu (15/1).

Salah satu tugas tim tersebut, kata dia, yakni menentukan tim independen untuk melakukan taksiran nilai ganti rugi atas lahan masyarakat. Setelah tim appraisal menghitung nilai ganti rugi, barulah pihaknya membayar sesuai dengan perhitungan tim appraisal.

"Appraisal mestinya tim independen menilai, mengkaji, tanah-tanah disana layaknya berapa diganti rugi," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Bambang mengungkapkan, sudah ada alokasi anggaran dari APBN untuk pembebasan lahan. Namun dia tidak merinci berapa besar anggaran yang disiapkan. Karena harus menunggu hasil kajian tim appraisal.

"Kan tadi saya bilang ada tim appraisal yang menilai itu. Tim independen. Bukan dari panitia itu. Bukan. Ada tim appraisal namanya," ujarnya.

"Kan kita tahun sekarang sudah mengalokasikan dana untuk lahan. Kalau lahan sudah ini kami langsung mengajukan untuk fisiknya," tandasnya.

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami