Cegah Banjir, Pemprov DKI Janji Percepat Pembebasan Lahan dan Bangun Sheet Pile

Cegah Banjir, Pemprov DKI Janji Percepat Pembebasan Lahan dan Bangun Sheet Pile
JAKARTA | 10 Juli 2020 12:35 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, berkomitmen melakukan upaya percepatan dan pencegahan banjir. Langkah-langkahnya antara lain, membebaskan lahan, membangun sheet pile dan sistem polder.

Pembangunan sheet pile dan sistem polder akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), termasuk pembiayaannya. Ini disampaikan Riza usai meninjau sejumlah titik rawan banjir di Jakarta.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa mengambil langkah cepat sesuai arahan Pak Gubernur dalam rangka pencegahan dan penanganannya," kata Riza dalam sebuah video yang disiarkan melalui YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat (10/7).

Dia menjelaskan, pekan lalu pihaknya sudah bertemu dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono untuk membahas langkah percepatan dan penanganan banjir di DKI Jakarta. Basuki dan jajarannya menyatakan bersedia membantu Pemprov DKI Jakarta.

Riza juga mengaku sudah bertemu Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil untuk membahas hal yang sama.

Setelah menemui sejumlah menteri terkait, Riza berharap penyusunan perencanaan pencegahan banjir dalam bentuk Detail Engineering Design (DED) selesai bulan depan. Sehingga pengerjaan penataan aliran sungai dikerjakan dan dirampungkan tahun ini, termasuk pembangunan sheet pile serta pembebasan lahannya.

"Setelah dibebaskan dan dibangun, Insya Allah warga di sini bebas banjir. Ini kan sekarang kalau airnya pasang, dia banjir. Tadi di Kedoya Utara juga setiap bulan dia merasakan banjir, paling tidak satu minggu di masa bulan purnama. Mudah-mudahan setelah dibangun, beberapa bulan ke depan sudah tidak ada banjir lagi," kata Riza mengakhiri. (mdk/lia)

Baca juga:
Anies Sebut Penanggulangan Banjir DKI Tahun 2020 Butuh Dukungan Fiskal
Rp 35,9 Triliun untuk Penanggulangan Banjir dan Longsor di Jabodetabek Punjur
Wagub DKI Riza Patria Temui Bappenas Bahas Percepat Penanganan Banjir
Dewan SDA Nasional Bakal Fasilitasi Pertemuan 3 Gubernur Bahas Banjir Jakarta
Ini Penyebab Banjir Jakarta dan Banten Awal Tahun 2020 Lalu
Wagub DKI: Ternyata Jakarta Timur Paling Sering Dilanda Banjir

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami