Cegah Covid-19 Naik Saat Libur Panjang, Wagub DKI Minta Presiden Buat Kebijakan Baru

Cegah Covid-19 Naik Saat Libur Panjang, Wagub DKI Minta Presiden Buat Kebijakan Baru
JAKARTA | 24 November 2020 13:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wagub DKI Jakarya, Ahmad Riza Patria, menilai kenaikan kasus aktif virus corona atau Covid-19 dampak dari libur panjang. Saat ini, klaster penularan Covid-19 untuk wilayah Jakarta yaitu rumah tangga atau perumahan disusul dengan perkantoran.

"Untuk itu kami meminta kepada semua warga Jakarta, pada libur panjang akhir tahun ini kami minta kesadarannya untuk tetap berada di Jakarta. Di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/11).

Dia meyakini, bepergian saat libur panjang sangat berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.

Riza juga berharap Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat memberikan kebijakan baru jelang libur panjang akhir tahun.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden akan mengambil satu kebijakan yang baik agar bisa satu kebijakan libur panjang ke depan. Agar bisa mengurangi penyebaran Covid di seluruh Indonesia termasuk DKI," ucapnya.

Kemarin, Presiden Joko Widodo mengatakan akan membahas secara khusus mengenai ketentuan libur panjang akhir tahun 2020. Hal ini mengingat libur panjang selalu menimbulkan lonjakan kasus Covid-19.

"Secara khusus nanti akan kita bicarakan mengenai libur panjang yang nanti juga akan ada di bulan Desember. Ini akan kita bicarakan nanti dalam rapat hari ini secara khusus," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas dari Istana Merdeka Jakarta, Senin (23/11).

Ditambahkan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, dalam rapat Presiden Jokowi meminta dalam cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri dilakukan pengurangan.

"Yang berkaitan masalah libur, cuti bersama akhir tahun, termasuk libur cuti bersama pengganti Idul Fitri, Presiden minta agar ada pengurangan. Beliau juga memerintahkan supaya segera ada rapat koordinasi antara Menko PMK dengan kementerian dan lembaga terkait, terutama yang berkaitan dengan cuti bersama akhir tahun dan libur pengganti Idul Fitri," kata Muhadjir dalam konferensi pers usai menghadiri Ratas bersama Presiden Jokowi, Senin (23/11).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Wagub DKI Sebut Penambahan Kasus Covid-19 di Jakarta Akibat Libur Panjang
Jokowi Minta Cuti Bersama Akhir Tahun dan Pengganti Libur Idul Fitri Dikurangi
Libur Panjang Bikin Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi akan Gelar Rapat Khusus
Libur Panjang, Jumlah Kasus Covid-19 di Kediri Meningkat
Satgas Minta Pemda Awasi Laju Peningkatan Kasus Covid-19 Usai Libur Panjang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami