Cerita Camat Tamansari 3 Jemaah Positif Corona dan Ratusan Orang Diisolasi di Masjid

Cerita Camat Tamansari 3 Jemaah Positif Corona dan Ratusan Orang Diisolasi di Masjid
JAKARTA | 28 Maret 2020 14:30 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Camat Tamansari, Jakarta Barat, Risan Mustar mengatakan 150 orang diisolasi di Masjid Jami dalam kondisi sehat. Mereka diisolasi setelah suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat melakukan rapid tes di tempat tersebut dan menunjukan tiga orang positif Covid-19.

"Saya kumpulkan ya sudah akhirnya kurang lebih pengurusnya 150 orang diisolasi. Sehat alhamdulillah," ujar Risan kepada merdeka.com, Sabtu (28/3).

Risan menuturkan, saat rapid test pada Kamis (26/3,) di masjid tersebut banyak juga warga asing melakukan ibadah ataupun ziarah. Mengingat masjid itu merupakan cagar budaya. Mereka berasal dari Malaysia, Thailand, Bangladesh, Pakistan dan India.

Saat ada rapid test, imbuh Risan, ada sekitar 300 orang yang diperiksa. Tiga orang positif Covid-19, sementara 297 negatif. Dari jumlah negatif, beberapa orang yang dilakukan tes pulang ke rumah masing-masing khususnya warga lokal seperti Cirebon, Bekasi, Tangerang. Lagipula, menurut Risan mereka hendak pulang saat rapid test berlangsung.

"297 itu karena negatif, nah karena belum ada keputusan ada mereka ada yang pulang lokal ada yang ke Cirebon, Tangerang, ada yang ke Bekasi. Nah 150 orang kurang lebih dikarantina," ujarnya.

Karantina selama 14 hari dilakukan di masjid tempat dilakukan tes. Lebih lanjut, Risan mengatakan mereka yang dikarantina terus dipantau oleh Dinas Kesehatan Jakarta Barat.

Selama itu pula, kata Risan, mereka yang dikarantina tidak diperbolehkan keluar masjid. Pun sebaliknya, orang luar untuk sementara waktu tidak diperkenankan masuk ke masjid tempat karantina 150 orang tersebut.

"Bukan ditutup sih tapi yang di dalam tidak boleh keluar lagi, artinya kegiatan sehari-hari gitu biasa di masjid. Bantuan makan kami supply," jelasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Tidak Pedulikan Imbauan Pemerintah, Warga di Blora Tetap Gelar Pesta Pernikahan
Pejabat dan Anggota DPR Terkena Corona, Syarief Hasan Minta Jokowi Lockdown Jakarta
WHO Peringatkan Amerika Bisa Jadi Pusat Pandemi Virus Corona
MUI: Sebaik-baiknya Salat Adalah Salat yang Dilakukan di Rumah
Wajah Sunyi Bali di Tengah Pandemi Covid-19
Ajudan Positif Corona, Wagub Sumut Berstatus ODP dan Lakukan Karantina Mandiri

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami