Cerita Sandiaga buntuti pengemis dijemput mobil Fortuner

Cerita Sandiaga buntuti pengemis dijemput mobil Fortuner
Peresmian sekretariat bersama Gerindra PKS PAN. ©Liputan6.com/Johan Tallo
JAKARTA | 4 Juni 2018 22:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno bercerita pernah membuntuti pengemis di dekat rumahnya. Soal pengemis menjadi perhatian Sandiaga karena jumlahnya meningkat selama Ramadan.

Dia sempat memergoki pengemis hanya berpura-pura miskin demi mengumpulkan pundi uang. "Dekat rumah saya. Coba deh, nanti ada tuh, peminta-minta pakaian agak kumal sedikit, tapi mukanya enggak kayak orang peminta," katanya di Balai Kota Jakarta, Senin (4/6).

Sandiaga mengaku kaget dan heran saat tahu yang menjemput pengemis dekat rumahnya itu adalah kendaraan mewah. "Saya ikuti pelan-pelan, ternyata di pojokan naik Mobil Toyota Fortuner," imbuhnya

Menurut Sandi, pengemis yang menyamar seperti yang ia temui tidak layak mendapat sedekah. "Berarti kan dia mampu dan tidak layak mendapatkan infak dan sedekah," ujarnya.

Selain itu, Sandi menyebut para manusia gerobak atau pengemis di Jakarta akan ditampung oleh Dinas Sosial. Ia meminta masyarakat tidak memberikan zakat pada pengemis terutama manusia gerobak.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan zakat dan infak kepada manusia gerobak. Karena kalau mereka diberikan zakat langsung akhirnya makin banyak yang datang ke Jakarta," katanya

Warga Jakarta, kata Sandi, lebih baik menyalurkan zakat dan sadakah ke lembaga resmi seperi Bazis. Dengan demikian, maka warga sudah membantu menaikan taraf hidup warga lain yang tak mampu.

"Jadi mohon disalurkan kepada lembaga zakat yang resmi oleh pemerintah dan itu nanti Insya Allah bisa disalurkan dan meningkatkan taraf hidup, membuka lapangan kerja dan memastikan tidak ada migrasi besar manusia gerobak atau peminta-minta musiman karena secara tradisi kota suka bagi-bagi uang," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com (mdk/ian)


Terciduk petugas dinsos, pengemis di Jakbar tepergok kantongi Rp 28 juta
Fakta-fakta mengejutkan terungkap usai koordinator pengemis diciduk
Ini Jufrianto, koordinator pengemis yang dibekuk Satpol PP Samarinda
Cerita Jufrianto jadi koordinator 7 pengemis di Samarinda, hartanya berlimpah
Sandiaga minta pengemis ditertibkan usai kedapatan bawa emas & duit Rp 23 juta
Pengemis di JPO Sentiong tepergok kantongi emas dan duit Rp 23 juta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami