Cerita Sandiaga Susuri Gang Sempit di Jakarta Selatan

Cerita Sandiaga Susuri Gang Sempit di Jakarta Selatan
JAKARTA | 18 Mei 2020 18:25 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 pimpinan Sandiaga Uno menggaet Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi menyebar bantuan bagi 'manusia gerobak' dan warga yang tidak terdata bantuan dari pemerintah di kawasan Jakarta Selatan.

Sandiaga bersama pimpinan GKJ Jokowi membagikan bantuan kepada warga RT06/RW09 Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (18/5). Sandiaga bersama Ketua Umum GKC Jokowi Kelik Wirawan, Sekjen Didi Budiono, dan Bendahara Ade Rukmini.

Sandiaga menyusuri gang sempit menuju pemukiman warga yang terhimpit ekonomi akibat wabah COVID-19.

"Kami melakukan kegiatan mendata masyarakat penerima bantuan. Banyak yang belum tersentuh bantuan, oleh karena itu hari ini bersama relawan kita turun di Kelurahan Pasar Manggis RT06/RW09," ujar Sandiaga.

Sandiaga menuturkan bantuan kebutuhan bahan pokok itu untuk warga yang belum terdata menerima bantuan dari pemerintah dan tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta. Diungkapkan Sandiaga, penghasilan warga terdampak COVID-19 itu mengalami penurunan, namun harga bahan pokok mengalami kenaikan.

Sandiaga juga menyatakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 akan menggelar tes cepat berbasis "PCR" di wilayah padat penduduk tersebut.

Sandiaga juga membagikan 350 paket sembako kepada pengrajin tempe di Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Jumat pekan lalu.

Sandi menyalurkan bantuan yang diinisiasi oleh Koordinator Relawan Sekretariat Nasional Jokowi (Seknas Jokowi) Deitje Mawuntu dengan mendatangi rumah-rumah pengrajin tempe dan manusia gerobak lalu membagikan paket sembako serta buku tulis untuk anak-anak.

"Kami bersama Seknas Jokowi memberikan bantuan 350 paket sembako dan masker. Kita harapkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat di Tebet ini," kata Sandi.

Sandi menyebutkan, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 akan terus memberikan bantuan kepada keluarga di pusat kota yang mengalami kesulitan ekonomi serta penghasilan menurun akibat pandemi COVID-19.

Menurut dia, banyak masyarakat yang mengalami tekanan dari segi penghasilan dan kehilangan pekerjaan sementara biaya hidup semakin meningkat.

"Ini jadi salah satu tantangan kita bersama. Apalagi, bahan baku tempe yaitu kedelai sedang naik harganya," kata Sandi.

Menurut Sandi, saat ini harga kedelai yang tadinya Rp7.000 mengalami kenaikan menjadi Rp 9.000 per kilogram.

"Beban masyarakat semakin meningkat di tengah perjuangan kita melawan COVID-19," ujarnya.

Sandi mengatakan, bantuan yang diberikan adalah bentuk koordinasi dari pemerintah, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 serta dunia usaha dalam memberikan bantuan jaring pengaman sosial kepada warga yang belum tersentuh oleh bantuan.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 bertugas mendata masyarakat yang terlewatkan dan belum tersentuh paket-paket bantuan sosial dari pemerintah dan dunia usaha. Sehingga terjadi pemerataan dalam penyaluran bantuan sosial.

"Dari pandangan kita, selama ini ada 15-20 persen yang belum tersentuh dan berhak mendapatkan bantuan sosial," kata Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, selain menyalurkan bantuan paket sembako, Sandi juga menyapa masyarakat penerima bantuan, serta menyampaikan pesan agar mematuhi aturan pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Sandi mengatakan, pandemi COVID-19 di Indonesia maupun di Jakarta dapat diatasi apabila masyarakat, pemerintah dan relawan saling bekerja sama.

Relawan Indonesia Bersatu Melawan COVID-19 bersama Seknas Jokowi, lanjut Sandi, akan terus mendata masyarakat yang belum tersentuh bantuan sosial dari pemerintah.

"Saya mengingatkan warga masyarakat disiplin mematuhi arahan dari pak RW dan juga aparat setempat," kata Sandi. (mdk/ded)

Baca juga:
Sandiaga Puji Kegigihan Wanita Pejuang Kanker yang Sukses Bisnis Klappertaart
Sandiaga Minta Pengusaha Jangan Menyerah di Tengah Pandemi Covid-19
Bisnisnya Terdampak Covid-19, Ruben Onsu Curhat Sambil Nangis ke Sandiaga Uno
Rezeki di Masa Pandemi
Sandiaga sebut Pandemi Covid-19 jadi Momentum Kebangkitan Sektor Agraria
Sandiaga Doakan Bisnis Frozen Food Wanita Ini Bisa Mendunia di 'Jemput Rezeki'

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami