Dapat Piala Adipura, Walkot Jakpus ogah arak-arakan

Dapat Piala Adipura, Walkot Jakpus ogah arak-arakan
Piala Adipura. ©istimewa
JAKARTA | 25 Juli 2016 15:40 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Wali kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan pihaknya tidak akan melakukan arak-arakan Piala Adipura Kirana yang diterimanya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mangara mengaku akan mengikuti instruksi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk tidak merayakan penghargaan itu secara berlebihan.

"Enggak. Kami tidak mengarak. Tidak, tidak kami tidak melakukan itu (arak-arakan piala)," kata Mangara di Balai kota, Jakarta, Senin (25/7).

Mangara menyebut perayaan atas pencapaian yang didapat hanya akan dilakukan dengan makan nasi tumpeng dengan seluruh jajaran PNS dan unit di Kantor Pemkot Jakarta Pusat.

"Kalau sekarang ini ada camat bawa tumpeng di kantor. Berdoa kepada Allah SWT agar kami lebih semangat ke depannya. Jadi hanya selamatan sederhana," terangnya.

Lebih lanjut, mantan Sekretaris DPRD DKI ini menambahkan pihaknya telah menyediakan 9 nasi tumpeng dari 8 kecamatan dan Pemkot Jakarta Pusat.

"Kalau mau kita sama-sama makan tumpeng, ayo ke kantor saya sekarang. Jadi kami ada 8 kecamatan, sekarang ada 9 tumpeng mari kita sama makan tumpeng," pungkasnya.

Untuk diketahui, Penghargaan Adipura, Kalpataru serta Adiwiyata Mandiri merupakan wujud apresiasi kepada pimpinan daerah, para pejuang lingkungan serta sekolah atau guru peduli lingkungan yang berhasil dalam melakukan upaya pengelolaan lingkungan di daerah.

Sejumlah penghargaan berhasil disabet Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ada 3 kategori terkait lingkungan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ketiga penghargaan itu adalah:

Pertama, Adipura Kirana: penghargaan ini diberikan kepada kota di Indonesia yang berhasil dalam keberhasilan serta pengelolaan lingkungan hidup. Tahun ini Jakarta Pusat menjadi salah satu dari 7 kota yang meraih. (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami