Demi Lintasan Formula E, Batu Alam di Monas akan Diaspal

Demi Lintasan Formula E, Batu Alam di Monas akan Diaspal
JAKARTA | 12 Februari 2020 15:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyebut cobblestone atau batu alam di kawasan Monas akan dilapisi aspal atau hotmix untuk lintasan balap mobil listrik Formula E.

"Kemungkinan dilapis cobblestone nya itu dilapis dengan hotmix," kata Hari saat dihubungi, Rabu (12/2/2020).

Dia menyebut hotmix yang akan dipakai sudah berdasarkan standar dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E. Bila penyelenggaraan sudah selesai lapisan itu akan dibongkar kembali.

"Pekerjaannya itu pasang bongkar, seperti di tempat lain di luar negeri seperti di Roma di Meksiko juga seperti itu selesai langsung dibongkar lagi," papar dia.

Lanjut Hari, rencananya pengerjaan infrastruktur tersebut dilakukan mulai Minggu depan. Sebab lintasan Formula E harus selesai dua bulan sebelum penyelenggaraan.

"Kalau kontruksi, iya mungkin direncanakan Minggu depan sudah mulai action," jelasnya.

Sebelumnya, perhelatan Formula E sempat terkendala perizinan tempat yang semula direncanakan akan diselenggarakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka melarang Pemprov DKI menggelar balap mobil listrik itu di kawasan Monas.

Namun belakangan, Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka akhirnya memperbolehkan Formula E dihelat di area Monas. Rencanaya, Jakarta akan menjadi tuan rumah acara Formula E pada Juni 2020 nanti.

Izin mengenai penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas tertera dalam surat Nomor B-3/KPPKKM/02/2020 yang diteken Menteri Sekretaris Negara yang juga Ketua Komisi Pengarah Medan Merdeka, Pratikno. Surat itu ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Informasi tentang surat Komisi Pengarah tanggal 7 Februari tersebut betul. Dalam surat tersebut pada prinsipnya Komrah menyetujui Formula E di Kawasan Taman Medan Merdeka, dengan memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan, antara lain UU Cagar Budaya," jelas Sekretaris Kemensetneg Setya Utama, Senin (10/2/2020). (mdk/ded)

Baca juga:
Pemprov DKI Target Pembangunan Sirkuit Formula E Selesai April
Kawasan Monas Akan Jadi Lintasan Formula E 2020
GBK Legowo Formula E Tetap Digelar di Sekitaran Monas
Sekda DKI Pastikan Formula E Tetap di Sekitaran Monas
5 Fakta Formula E yang akan Digelar di Monas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5