Demokrat Uji Kompetensi 3 Kader Calon Pimpinan DPRD DKI

JAKARTA | 24 September 2019 15:39 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - DPP Partai Demokrat saat ini masih menggodok tiga nama calon pimpinan DPRD DKI Jakarta. Nama Pimpinan belum diserahkan ke pimpinan DPRD sementara karena masih dalam tahap finalisasi. Demikian disampaikan Kepala Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, Selasa (24/9).

"Saat ini DPP Demokrat sedang mematangkan dan finalisasi unsur pimpinan dewan DKI Jakarta untuk segera diterbitkan Surat Keputusan. Ada tiga nama yang sedang digodok oleh DPP sebagaimana usulan dari DPD Demokrat DKI Jakarta," jelasnya.

Tiga nama ini salah satunya adalah Sekretaris DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Misan Samsuri. Ferdinand memastikan, dalam waktu dekat DPP akan memutuskan siapa yang akan ditunjuk menjadi pimpinan DPRD.

Dia mengatakan, DPP belum memutuskan karena masih mencari pimpinan yang tepat. Menurutnya, Jakarta memiliki permasalahan yang cukup kompleks. Karena itulah partainya ingin pimpinan DPRD adalah sosok yang benar-benar memahami persoalan di Jakarta.

"Jakarta sangat besar dan masalahnya sangat kompleks. Maka Demokrat ingin pimpinan dewan yang terbaik dan memahami masalah," jelasnya.

Demokrat, lanjutnya, tak ingin asal menunjuk. Karena itulah perlu penggodokan agak lama.

"Kami tidak ingin asal-asalan menunjuk. Kami harus lakukan interview dan fit and proper test yang baik. Hasilnya mungkin minggu ini sudah diputuskan," jelasnya.

Selain memahami permasalahan Jakarta, kualifikasi atau syarat lainnya bagi pimpinan DPRD adalah minimal Sarjana S1, loyal ke partai, dan merupakan pengurus aktif. Selain itu perolehan suara yang bersangkutan dalam Pemilu April lalu menjadi salah satu pertimbangan.

"Mengerti kerja-kerja legislatif dan mengerti fungsi pimpinan dewan," pungkasnya.

Baca juga:
Golkar Minta PDIP & Demokrat Segera Kirim Nama Pimpinan Definitif DPRD DKI
Dua Partai Belum Serahkan Nama Pimpinan, DPRD DKI Beri Perpanjangan Waktu
Tunggu Keputusan DPP, PDIP dan Demokrat Belum Serahkan Nama Pimpinan DPRD DKI
Demokrat Tunggu Keputusan SBY Soal Pimpinan DPRD DKI Jakarta
Demokrat dan PDIP Masih Belum Serahkan Nama Pimpinan DPRD DKI

(mdk/rnd)