Didampingi Riza Patria, Anies Baswedan Salat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota

Didampingi Riza Patria, Anies Baswedan Salat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota
JAKARTA | 5 Juni 2020 14:15 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama wakilnya Ahmad Riza Patria melaksanakan Salat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota, Jakarta, Jumat (5/6). Seluruh anak buah Anies juga ikut serta dalam salat Jumat yang digelar dua gelombang ini.

Seusai Salat Jumat, Anies menyampaikan kerinduannya beribadah di Masjid Balai Kota. Setelah Jakarta terkonfirmasi kasus Covid-19 pada April lalu, Anies memutuskan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Konsekuensinya, dia tak bisa melakukan aktivitas seperti biasa di Balai Kota, termasuk beribadah.

"Alhamdulillah, siang ini kita kami baru saja selesai bersama menunaikan salat Jumat. Ada kerinduan yang luar bisa kembali bersujud menunaikan salat Jumat di kawasan Balai Kota ini sebagaimana dengan umat Islam di Jakarta," kata Anies.

Anies melanjutkan, hari ini Pemprov DKI mulai menerapkan PSBB transisi tahap pertama. Meski demikian, dia meminta warga tetap berada di rumah.

Jika harus keluar rumah, maka diminta menerapkan protokol kesehatan untuk melindungi diri dari paparan Covid-19 sekaligus menghentikan penyebaran virus corona.

"Bila memang harus pergi keluar maka taati prinsip protokol kesehatan," tegasnya.

anies dan riza patri salat jumat di balai kota

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta menggelar Sholat Jumat dua gelombang hari ini. Ini merupakan salat Jumat pertama setelah penetapan PSBB Transisi.

Keputusan melaksanakan salat Jumat ini mengacu pada Fatwa MUI DKI Jakarta Nomor 05 Tahun 2020 tentang Hukum dan Panduan Salat Jumat Lebih dari Satu Kali di tengah pandemi Covid-19.

Gelombang pertama salat Jumat dilaksanakan pada pukul 12.00 sampai dengan 12.45 WIB. Salat Jumat gelombang pertama ini khusus bagi pegawai yang berada di lantai ganjil gedung Balai Kota.

Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 13.45 WIB. Ini diperuntukkan bagi pegawai yang berada di lantai genap gedung Balai Kota. (mdk/lia)

Baca juga:
Masjid Raya Cinere Kembali Gelar Salat Jumat
Kenakan Masker, Presiden Jokowi Salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana
Salat Jumat di Masjid Al Azhar, JK Ditemani Ketum PAN Zulkifli Hasan
Gelar Salat Jumat di Graha BNPB, Doni Monardo Terapkan Protokol Kesehatan
Fatwa Lengkap MUI Soal Salat Jumat Gunakan Sistem Shift, Masker dan Perenggangan Saf

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5