Didatangi Sandiaga Uno, Warga Kampung Pulo Minta Tak Digusur Lagi

Didatangi Sandiaga Uno, Warga Kampung Pulo Minta Tak Digusur Lagi
JAKARTA | 5 Juli 2020 17:42 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di Kampung Pulo, Jakarta Timur mengaku pendapatannya turun drastis selama dihajar Pandemi Covid-19. Selain itu, warga juga meminta agar daerah tersebut tak lagi digusur.

Hal itu diungkapkan mereka saat kedatangan Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno.

"Gimana biaya hidupnya menurun apa melemah? Ekonominya gimana ibu-ibu," tanya Sandi, Minggu (5/7).

"Ekonomi menurun drastis pak," kata ibu-ibu menjawab Sandi.

Para ibu-ibu ini juga menyampaikan pesan kepada Sandi agar kawasan mereka tidak lagi digusur. "Kampung Pulo jangan digusur lagi, bantuannya diperbanyak," pesan ibu-ibu kepada Sandi.

Pada kesempatan itu, Sandi memberikan bantuan sejumlah bantuan kepada para pedagang, anak dan masyarakat umumnya.

Sandi mengatakan kunjungan ini sebagai bentuk keprihatinan dirinya terhadap para PKL yang pendapatannya kian menurun akibat wabah covid-19.

"Bukan keringanan dan bantuan yang didapat tapi malah biaya hidup yang semakin meningkat. Mudah-mudahan kunjungan kami Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 mampu meringankan beban para pedagang kaki lima ini, sekaligus memberikan semangat bahwa kita akan segera menang melawan Covid-19," harap Sandi.

Penggagas Rumah Siap Kerja ini mengatakan pandemi Covid-19 ini telah menutup banyak sekali peluang usaha, bahkan banyak dari mereka yang harus terkena PHK dan tidak mendapat penghasilan sama sekali. Di sisi lain biaya hidup justru terus meningkat.

Sandi berharap pemerintah bisa lebih sensitif dengan keadaan masyarakat yang terdampak pandemi ini.

"Semoga bisa didengar oleh pemerintah. Anggaran negara yang sudah direalokasikan untuk penanganan covid harus segera dikucurkan dengan baik, sesuai target, dan jangan sampai salah sasaran," katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyemangati mereka bahwa keadaan pasti akan berakhir dan ekonomi masyarakat segera bangkit lagi.

"Insha Allah lapangan kerja akan tercipta kembali dan penghasilan masyarakat dapat kembali normal," kata Sandi.

Sebelumnya, Sandi mengajak generasi muda atau milenial untuk menciptakan lapangan kerja bukan mencari kerja. Terlebih saat ini, mencari pekerjaan sangat sulit di tengah pandemi Covid-19.

"Jika mencari lapangan pekerjaan sulit, kenapa tidak membuka lapangan kerja sendiri? Buka lapangan kerja yang ada di sekitar kita," katanya.

Dia mencontohkan, kalangan milenial yang ada di desa bisa mulai membuka usaha di sektor pangan yang selama ini menjadi penopang kebutuhan masyarakat di perkotaan.

"Kalau kita ada di pedesaan, lapangan pekerjaan yang terbuka itu tentunya adalah di sektor pangan, di sektor-sektor yang selama ini mensuplai kebutuhan-kebutuhan di daerah urban," jelas Sandiaga. (mdk/rhm)

Baca juga:
Sandiaga Uno Ajak Pelaku UMKM Saling Berkolaborasi di Tengah Pandemi
Dilengkapi Tempat Tidur, Intip Ruang Kerja Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Dorong Milenial Manfaatkan Teknologi untuk Buka Lapangan Kerja
Raffi Ahmad Senang Sandiaga Uno Mau Investasi di Rans, Nagita Bisa Beli Mal?
Sandiaga Uno Bagikan 350 Paket Sembako Kepada Pemulung dan Buruh Harian
Cara Sandiaga Uno Wujudkan Mimpi BJ Habibie di Bidang Teknologi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami