Dinas Lingkungan Hidup DKI Kerahkan 4 Ribu Satgas Tangani Sampah Banjir

Dinas Lingkungan Hidup DKI Kerahkan 4 Ribu Satgas Tangani Sampah Banjir
JAKARTA | 27 Februari 2020 14:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebanyak 4000 personel Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dikerahkan mengatasi sampah akibat banjir melanda ibu kota. Ribuan personel itu dikerahkan di beberapa lokasi yang dinilai rawan tumpukan sampah saat banjir kiriman.

"Selain satgas ini, personel dan armada organik tetap melakukan pelayanan rutin. Personel dan armada organik ini siap juga dimobilisasi melakukan penanganan pascabanjir," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, Kamis (27/2).

Selain itu, dia menyebut sejumlah sarana juga disiagakan. Di antaranya 44 mobil pikap pengangkut sampah, 50 truk sampah, lima ekskavator jenis spider, hingga enam ekskavator long arm.

"Lalu ada 20 ekskavator jenis biasa, serta satu ekskavator liebher yang didampingi oleh 23 orang petugas mobilisasi dan 12 orang petugas mekanik," ujar dia.

Diketahui, dalam dua hari terakhir ibu kota dilanda banjir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hal tersebut telah disampaikan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sudah menyampaikan hasil ini dalam pertemuan khusus, sudah ada. Jadi, betul sudah disampaikan dalam koordinasi khusus tentang tren untuk kondisi ekstrem yang semakin meningkat dan intensitasnya semakin tinggi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, di kantornya, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dia menyebut sudah melihat adanya langkah-langkah yang diambil Pemprov DKI Jakarta setelah informasi tersebut disampaikan.

"Dan upaya lanjut dari penyampaian tersebut sudah ada langkah-langkah juga. Misalnya pengendalian pompa, juga upaya penghijauan, kan gencar sekali," ungkap Dwikorita.

Dia menyampaikan potensi hujan sedang hingga lebat masih bisa terjadi. "Dari 25 Februari sampai 1 Maret 2020," tutur Dwikorita.

BMKG memprediksi wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) masih akan mengalami hujan lebat hingga 1 Maret 2020 nanti.

Reporter: Ika Defianti (mdk/gil)

Baca juga:
Ketua DPRD DKI Jakarta Teken Surat Pembentukan Pansus Banjir
Korban Tewas Akibat Banjir Jakarta Bertambah, Total 9 Orang
Sekda DKI Minta Banjir Dinikmati, Minta Warga Tak Serang Anies
Anies Sebut Seluruh Wilayah Jakarta Terdampak Banjir Sudah Surut
Wapres Sayangkan Komplek Istana Presiden Kebanjiran
Sekda DKI Soal Banjir Jakarta: Dinikmati Saja
Pernyataan Kontroversial Sekda DKI, Banjir Nikmati Saja Hingga Terkenal Dunia Akhirat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami