Dinsos DKI Jabarkan Kriteria Warga Tak Layak Terima BST Tahap 2

Dinsos DKI Jabarkan Kriteria Warga Tak Layak Terima BST Tahap 2
Pembagian Bantuan Sosial Tunai di Penjaringan. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani
JAKARTA | 5 Maret 2021 20:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, Premi Lasari mengatakan ada sejumlah hal yang dijadikan dasar penilaian bagi keluarga yang tidak dapat melanjutkan untuk mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) pada 2021.

Kata dia, penerima BST akan mendapatkan uang tunai secara ditransfer melalui Bank DKI sebesar Rp300.000 selama empat bulan.

"Yaitu apabila, menyalahgunakan kartu BST (diperjual-belikan, disalahgunakan, dan lain-lain)," kata Premi dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3).

Lalu, terdapat perubahan hasil musyawarah kelurahan dan verifikasi lapangan oleh petugas wilayah. Kemudian, adanya duplikasi dengan penerima bantuan sosial PKH dan BPNT.

"Penerima yang sudah pindah atau meninggal atau tidak lagi masuk ke dalam DTKS," ucapnya.

Sementara itu, Premi menyatakan pihaknya melakukan pemutakhiran data untuk memastikan proses distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga dampak pandemi Covid-19.

"Pemutakhiran data tersebut dilakukan berdasarkan usulan penghapusan dan pengusulan baru dari Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) melalui Forum Musyawarah Kelurahan yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu," ujar dia.

Premi menyatakan karena adanya perubahan data tersebut pencairan BST tahap dua baru dilakukan pada bulan Maret. Kemudian akan disusul untuk pencairan tahap tiga.

"Tahap dua ini dana akan ditransfer langsung ke rekening penerima manfaat pada minggu kedua bulan Maret 2021 secara serentak. Kecuali, untuk usulan baru yang membutuhkan proses cetak buku dan kartu ATM Bansos," jelas dia.

Reporter: Ika Defianti
Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
Pemkab Bogor Siapkan 18 Ribu Ton Beras untuk Bansos Covid-19
Tips Daftar Kartu Prakerja 2021 Agar Calon Peserta Bisa Diterima
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka, Masyarakat Diminta Tak Tergesa-gesa
Selewengkan Dana Bantuan Covid Buat Judi, Kepala Desa Didakwa Hukuman Mati
Penyaluran Bansos Tunai di DKI Periode Februari Terkendala Buku Tabungan dan ATM
Bappenas Bongkar 4 Tantangan Utama dalam Integrasi Data Penyaluran Dana Bantuan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami