Dishub DKI Sebut Ada Peningkatan Pengguna Sepeda di Jakarta

Dishub DKI Sebut Ada Peningkatan Pengguna Sepeda di Jakarta
Lalu Lintas Pesepeda di Ibu Kota. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JAKARTA | 8 April 2021 11:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut, adanya peningkatan penggunaan jalur sepeda pada setiap akhir pekan atau weekend. Peningkatannya pun mencapai dua kali lipat bila dibandingkan pada hari kerja.

"Di weekdays itu 3 ribuan pengguna. Sementara di Sabtu bisa 12 ribuan. Meningkat dua kali lipat bahkan bisa 30 ribuan di hari Minggu," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (8/4).

Selain itu, dia juga mengatakan peningkatan tersebut terjadi setelah adanya jalur sepeda permanen. Karena hal itu, Syafrin menyatakan pihaknya akan terus memenuhi kenyamanan dalam jalur sepeda tersebut.

"Sehingga animo masyarakat yang jadikan sepeda sebagai alat mobilitas terfasilitasi dan terpenuhi aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan dari pengguna sepeda yang dimana mereka ada di ruang lalu lintas bersama kendaraan bermotor lainnya," jelasnya.

Sebelumnya, pembangunan jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta belum juga selesai. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berdalih, proyek tersebut molor dari target rampung pada akhir Maret 2021 lantaran ada pemindahan lajur Transjakarta.

"Itu lajur (Transjakarta) akan digeser lebih ke timur, sehingga satu lajur yang ada di sisi timur akan masuk ke lajur sisi barat, sehingga akan ada konsistensi lajur," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu (7/4).

Ia mencontohkan, pemindahan lajur Transjakarta di kawasan Dukuh Atas yang sejatinya akan digunakan untuk jalur sepeda.

Dia berujar, dengan digesernya lajur Transjakarta maka akan ada tiga lajur lalu lintas untuk kendaraan bermotor dan satu jalur sepeda permanen bisa dibangun tanpa kendala.

"Kemudian (hambatan) termasuk di dalamnya pembangunan di Taman Semanggi. Ini juga perlu masukan secara komprehensif dari seluruh elemen," ucap Syafrin dikutip dari Antara.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Jalur Permanen Sepeda di Jakarta Molor Karena Pemindahan Lajur Transjakarta
Dishub DKI Soal Jalur Sepeda Permanen: Baru 500 Pembatas Jalan Terpasang
Pengamat Transportasi Nilai Sepeda Non-Lipat Masuk MRT Ganggu Kenyamanan Penumpang
Ditlantas, Dishub DKI dan Komunitas Gelar FGD Bahas Jalur Sepeda Permanen
Rombongan Pesepeda Ini Viral karena Lewat Jalan Tengah Kota, Ganggu Lalu Lintas
CEK FAKTA: Tidak Benar Ini Foto Jalur Sepeda Motor di Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami