Dishub DKI Sebut Jumlah Pesepeda Road Bike Mengalami Peningkatan Setiap Pekan

Dishub DKI Sebut Jumlah Pesepeda Road Bike Mengalami Peningkatan Setiap Pekan
Polda Metro Jaya kaji sanksi bagi pesepeda yang melintas di luar jalur khusus. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori
JAKARTA | 13 Juni 2021 18:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan adanya peningkatan jumlah penggiat sepeda road bike yang ikut uji coba di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu - Tanah Abang setiap pekan. Uji coba jalur road bike sudah berlangsung selama empat pekan.

"Uji coba pertama hanya 1.666 pesepeda yang melintas. Kemudian uji coba kedua naik 77 persen menjadi 2.499 pesepeda dan uji coba ketiga minggu lalu naik lagi ke 60.23 persen yaitu menjadi 4.005 pesepeda yang melintas," katanya di Jakarta, Minggu (13/6).

Dia menyatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi pelaksanaan uji coba. Selain itu Dinas Perhubungan juga terus menerima masukan dari berbagai pihak terkait pelaksanaan uji coba.

"Prinsipnya seluruh masukkan yang sifatnya konstruktif ini akan kami akomodir dan dituangkan dalam regulasi pelaksanaan ke depannya," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba jalur khusus road bike. Yakni di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang setiap akhir pekan pada pukul 05.00-08.00 WIB.

Lalu, mulai Senin (7/6) pegiat sepeda road bike boleh melintas di lajur paling kiri dari jalur kendaraan bermotor di ruas Jalan Sudirman-Thamrin setiap Senin-Jumat dari pukul 05.00-06.30 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan para pengguna sepeda road bike wajib menggunakan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin setelah waktu yang ditentukan.

Para pengguna road bike dapat keluar dari jalur sepeda permanen pada pukul 05.00-06.30 WIB pada Senin-Jumat.

"Sudirman-Thamrin itu kan jalur sepeda permanen, jadi setelah pukul 06.30 WIB seluruh sepeda itu wajib menggunakan (jalur) sepeda permanen," kata Syafrin di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (3/6).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Dishub DKI Sebut JLNT Hanya Untuk Pesepeda Terlatih
Komunitas B2W Indonesia Usulkan Tiga Lokasi Jalur Road Bike di Jakarta
Anggota DPR Sebut Larangan Sepeda Non-Roadbike Lintasi JLNT Diskriminatif
Wagub Riza Bantah Istimewakan Pengguna Sepeda Road Bike
Jika Hasil Uji Coba Positif, Jalur Road Bike di Jakarta Bakal Ditambah
Jalur Road Bike Dikritik, Wagub DKI Tegaskan Belum Ambil Keputusan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami