Disinggung Soal Penerima Bansos, Anies Bilang 'Nanti Diumumkan Bareng Kemensos'

Disinggung Soal Penerima Bansos, Anies Bilang 'Nanti Diumumkan Bareng Kemensos'
JAKARTA | 12 Mei 2020 16:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemberian bantuan sosial untuk warga miskin dan rentan miskin di Jakarta akibat terdampak situasi pandemi Covid-19 sempat ramai diperbincangkan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan akan mengumumkan secara bersama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Nanti diumumkan bareng dengan Kemensos, biar tidak sepihak saya," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/5).

Anies tak mau bicara banyak. Dia hanya menyatakan jumlah penerima bansos di Jakarta akan mengalami peningkatan.

Sebelumnya, Wakil Ketua II Tim Gugus Covid DKI Jakarta, Catur Laswanto menyatakan terdapat tambahan data penerima bantuan sosial (bansos) tahap kedua saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dia menyebut data tersebut telah mencakup warga miskin yang ber-KTP non Jakarta. Saat tahap pertama penerima bansos sebanyak 1,1 juta kepala keluarga.

"Hari ini baru saja kita bersurat kepada Kemensos untuk menyampaikan data yang 2 juta (calon penerima bansos). Belum ada jawaban resmi," kata Catur saat rapat di Gedung DRPD DKI Jakarta, Rabu (6/5).

Catur mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data yang telah dilakukan oleh ketua RW setempat. Karena hal itu dia mengharapkan pihak Kemensos dapat menerima pengajuan data penerima bansos di Jakarta.

"Saya katakan dalam posisi sekarang data masih dicleansing apalagi teknis pembagiannya belum bisa saya sampaikan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, menyatakan pihaknya sudah melaksanakan pembagian bantuan sosial terhadap masyarakat terdampak Covid-19 periode 9 April sampai 25 April.

Diketahui, target distribusi sesuai rencana awal yakni 1,2 juta Kepala Keluarga (KK), namun saat dimutakhirkan di lapangan hasilnya kurang dari itu karena sejumlah pemutakhiran.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
KPK Temukan 3 Pemda di Jabar Belum Perbarui Data Penerima Bansos Sejak 3 Tahun Lalu
83.333 KK di Kabupaten Tangerang Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Sosial Tunai
Isi Kegiatan Ramadan, Dharma Wanita Ditjen Politik dan PUM Gelar Baksos
Ridwan Kamil: Bansos Pemerintah Pusat Ada 8 Pintu, Warga Jadi Bingung
Cerita Menko PMK Muhadjir Pantau Penyaluran Bansos di Banten
Pemprov Jabar Pastikan Kualitas Bantuan Pangan Terjaga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami