Ditanya solusi urbanisasi, Sandiaga jawab pakai program 'OKE OCE'

Ditanya solusi urbanisasi, Sandiaga jawab pakai program 'OKE OCE'
Kandidat debat Pilgub DKI. ©2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman
JAKARTA | 10 Februari 2017 20:14 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Sandiaga Salahudin Uno kembali menawarkan solusi program OKE OCE (One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship) dalam debat cagub cawagub DKI ketiga. Hal itu ia sampaikan saat ditanya oleh pemandu acara, Alfito Deannova bagaimana mengatasi persoalan urbanisasi.

"Kebijakan membatasi pendatang pernah menjadi wacana, terkait itu sering dianggap bertentangan dengan HAM. Sementara itu arus tersebut terus berlanjut terkait lapangan pekerjaan di Jakarta. Apa solusi anda untuk persoalan urbanisasi tersebut," tanya Alfito dalam debat cagub-cawagub DKI ketiga di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (10/2).

"Kami menyiapkan program OKE OCE yang menitikkan kepada 44 lokasi pusat pertumbuhan di Jakarta," tutur Sandi.

Sandi mengungkapkan menurut data yang diperoleh 75 persen populasi terjadi di ibu kota termasuk Jakarta. Sementara itu, 90 persen PDB berada di ibu kota.

"jadi kita harus ciptakan lapangan pekerjaan. Dengan OKE OCE. Harus dipastikan anak-anak muda tumbuh dari lapangan pekerjaan tersebut," ungkapnya.

Sandi pun mengambil contoh sepatu yang tengah ia kenakan merupakan buatan salah satu anak muda bangsa. "Salah satunya Hartono yang menciptakan sepatu ini. Ini milik bangsa bisa bersaing dan bisa menyebarkan pertumbuhannya ke daerah lainnya. Saya lihat sepatu ini sudah ada di Condet, Warakas, Tambora," tuturnya.

"Jadi kita bisa menangkapi kewirausahaan itu menjadi fenomenal," pungkasnya. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami