Ditlantas Polda Metro Tunggu Sikap PUPR Soal Usulan Satu Ruas Tol Dipakai Pesepeda

Ditlantas Polda Metro Tunggu Sikap PUPR Soal Usulan Satu Ruas Tol Dipakai Pesepeda
JAKARTA | 26 Agustus 2020 20:59 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) sedang mengkaji permohonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta agar satu ruas tol dalam kota (Cawang-Tanjung Priok) dimanfaatkan sebagai jalur khusus sepeda. Apabila disetujui, nantinya jalur tersebut akan digunakan setiap Minggu pagi.

Menanggapi usulan itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, belum mau berkomentar lebih banyak dan memilih menunggu sikap resmi Kementerian PUPR.

"Kita tunggu jawaban dari PUPR apakah diizinkan atau tidak," katanya kepada merdeka.com, Rabu (26/8).

Andaikata usulan itu disetujui, pihaknya akan membahas lebih jauh terkait kesiapan anggota dan pengamanannya karena menyangkut keselamatan warga.

"Nanti kita kaji terlebih dahulu," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, membenarkan adanya permintaan satu jalur untuk sepeda di tol Cawang-Tanjung Priok. Salah satu alasannya setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam bersepeda.

"Pengguna sepeda di kawasan jalur sepeda sementara di Sudirman sampai Merdeka Barat sangat tinggi. Dan oleh sebab itu, kami dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol," kata Syafrin di Balai Kota.

Menurut Syafrin, jalur ini hanya dikhususkan untuk para pengguna sepeda road bike atau sepeda balap saja. Jalur yang diajukan yakni mulai di Kebon Nanas, Jakarta Timur sampai arah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Jadi menyiapkan satu jalur sendiri sebagai jalur sepeda sementara untuk road bike," ucapnya.

Kendati begitu, Syafrin menyatakan Pemprov DKI Jakarta masih menunggu keputusan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

"Tapi ini masih dalam pembahasan ya, kita masih menunggu persetujuan dari Pak Menteri," jelasnya. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami