DKI PPKM Level 1, Mal Tutup Pukul 10 Malam & Pengunjung Wajib Vaksin Dosis Lengkap

DKI PPKM Level 1, Mal Tutup Pukul 10 Malam & Pengunjung Wajib Vaksin Dosis Lengkap
gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan di Jakarta. ©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JAKARTA | 27 Mei 2022 19:59 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Sejumlah sektor kegiatan usaha kini telah diperbolehkan beroperasi secara 100 persen, menyusul status Kota Jakarta yang telah memasuki fase Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Aturan yang berlaku selama 14 hari, terhitung sejak 24 Mei sampai dengan 6 Juni 2022. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 492 Tahun 2022 tentang PPKM Level 1 telah diteken Gubernur DKI, Anies Baswedan.

"Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kita bisa sampai pada level 1 saat ini," kata Anies dalam keterangannya, dikutip Jumat (27/5).

Toko Kebutuhan Sehari-Hari

Adapun sejumlah sektor usaha yang telah diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 100 persen yakni, Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Usaha tersebut telah dapat beroperasi dengan kapasitas pengunjung 100 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat, khusus pasar induk dapat beroperasi sesuai jam operasional.

Sementara untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang dimulai sejak tanggal 14 September 2021 dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Lalu, untuk jam operasional apotek dan toko obat sudah dapat buka selama 24 jam, dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Kemudian, khusus pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari: Dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 100 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sedangkan, untuk pedagang kaki lima (PKL) toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan lain-lain yang sejenis. Telah diizinkan buka dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Operasional Mall

Lebih lanjut, untuk aturan kegiatan pada Pusat Perbelanjaan/Mal/Pusat Perdagangan, telah ditentukan boleh dibuka dengan kapasitas 100 persen dan jam operasional sampai dengan pukul 22.00 Wib.

Kemudian khusus anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua dan khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Sedangkan, tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan syarat menunjukkan bukti vaksinasi lengkap, khusus untuk setiap anak usia 6 sampai dengan 12 tahun yang masuk.

Termasuk, wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan terkait dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan. (mdk/rhm)

Baca juga:
Aturan PTM Terbatas Tetap Diberlakukan saat Status DKI PPKM Level 1
Pemprov DKI Terbitkan Kepgub PPKM Level 1, Izinkan Kantor WFO 100 Persen
Puan Ingatkan Pemerintah: Temukan Formula yang Tepat Sebelum Hapus PPKM
PPKM di Jabodetabek Turun Jadi Level 1, Perkantoran Bisa WFO 100 Persen
PPKM Level 1, Jabodetabek Terapkan Belajar Tatap Muka di Sekolah

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami