DKI Tuan Rumah Formula E, Dinas Bina Marga Akan Sesuaikan Kondisi Jalan

JAKARTA | 16 Juli 2019 13:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Terkait akan dijadikannya Jakarta sebagai tuan rumah perlombaan Balap Mobil Formula E 2020, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan panitia lomba bertaraf internasional itu terkait jalanan yang digunakan.

Meski jalanan di Ibu Kota masih ada yang berlubang dan bergelombang, hal itu bisa diperbaiki dengan adanya koordinasi.

"Kalau memang lintasan itu yang dipakai, itu nanti kita tanya panitia internasional, itu bagaimana standarnya, harus kayak apa," ucap Hari saat dihubungi, Selasa (16/7).

Menurutnya, jalanan di Jakarta dengan mudah dapat disesuaikan untuk keperluan lomba balap mobil. Selama panitia lomba memberitahukan spesifikasi jalanan yang sesuai, maka pihak Dinas Bina Marga dapat memastikan jalanan dirapikan sesuai dengan yang diinginkan.

Dia menilai, perbaikan pun tidak akan memakan waktu lama. Namun, Hari mengaku sejauh ini tim survei Formula E belum memberikan masukan secara spesifik kepada pihaknya.

"Belum, kan dia baru ngecek lintasan saja, tetapi secara detail lintasan kan enggak. Mungkin dia (bilang) lintasan cocok nih ini, tetapi secara detail kondisi jalan kan harusnya dites dengan kendaraan yang bagaimana kan kita enggak tahu," jelasnya.

"Nanti akan disampaikan dengan panitia penyelenggara. Bahwa standar khusus balapan harus begini-begini, harus kita sesuaikan," dia mengakhiri.

Kadishub DKI Syafrin Liputo mengungkapkan, sudah ada dua usulan lintasan yang akan digunakan untuk Formula E tersebut. Rencana pertama ialah di sekitaran kawasan Gambir dan Monas.

Dia menjelaskan, nantinya Pit Stop akan berada di Monas, di belakang Stasiun Gambir. Dari Monas, lintasan akan memasuki Jalan Ridwan Rais lalu berputar menuju Monumen Tugu Tani.

"Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais, kemudian belok kiri di Merdeka Selatan, kemudian berputar di Wisma Antara ya di ujung, berputar. Setelah itu kembali melintas di depan kedubes AS, ke kiri depannya gerbang monas, kemudian masuk lagi ke Ridwan Rais berputar seperti itu," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Senin (15/7).

Sementara lokasi opsi kedua adalah di bagian dalam Monas. Adapun nantinya lintasan akan dimulai dari Silang Monas Tenggara- MI Ridwan Rais-Tugu Tani-MI Ridwan Rais-Merdeka Selatan-Wisma Antara-Berputar ke Kedubes AS-Monas-Ridwan Rais.

Adapun opsi lainnya ialah dari Silang Monas Selatan-belakang Gambir-Ridwan Rais-Merdeka Selatan-bundaran air mancur-Silang Monas Selatan.

Baca juga:
Rute Lintasan Formula E Rencananya di Kawasan Gambir dan Monas
Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E di 2020
Tak Hanya MotoGP, Jokowi Ingin Mandalika Juga Punya Sirkuit Balap Formula Satu
Bocah Penderita Kanker Dihadiahi Mobil F1 Oleh Lewis Hamilton
Aksi Dani Pedrosa jajal mobil Formula 1 di Austria

(mdk/eko)