DPRD Anggap Kebiasaan Masyarakat Jakarta Berubah Seiring Pandemi Covid-19

DPRD Anggap Kebiasaan Masyarakat Jakarta Berubah Seiring Pandemi Covid-19
JAKARTA | 22 Mei 2020 16:14 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menilai aktivitas warga Jakarta telah berubah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tatanan baru kehidupan normal dianggap terlaksana di beberapa kegiatan seperti transaksi jual beli.

"Ambil contoh pedagang di Tanah Abang, walaupun tokonya tutup, transaksi jual beli online tetap berjalan. Jadi tujuannya sama, mencari uang, cuma caranya yang beda sekarang," kata Zita, Jumat (22/5).

Dia menuturkan, meski disebutkan bahwa tren aktivitas masyarakat di luar rumah meningkat namun kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan cukup tinggi. Misalnya mengenakan masker, menjaga jarak fisik, tidak berkerumun.

"Ini kan awalnya tuntutan, sekarang jadi kesadaran, akhirnya jadi kebiasaan," kata dia.

Untuk itu, politikus PAN tersebut meminta sebaiknya Pemprov turut fokus terhadap skema protokol kesehatan di bidang pendidikan. Terlebih lagi saat ini sudah memasuki tahun ajaran baru bagi pelajar.

"Pemprov harus siap memasuki the new normal, saya ingin fokus ke pendidikan. Sarana belajar kita, semua harus biasakan tatap muka melalui jaringan. Design kurikulum kita harus disesuaikan, agar tidak gagap. Saya tahu memang sulit, tapi ini keharusan, agar eksistensi sekolah dan guru tetap ada," jelasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Truk Berisi Penumpang Ilegal Diamankan Gugus Tugas Covid-19 Bangka Barat
Bertambah 5 Pasien, Total 100 Orang Sembuh dari Corona di Kaltim
Kasus Covid-19 di Sumsel Tembus 693, Warga Palembang Dilarang Takbiran Keliling
MUI: Salat Idul Fitri Tidak Dilarang, Tapi Lakukan di Rumah
Penjelasan Wali Kota Risma Soal Angka Kasus Covid-19 Melonjak di Surabaya

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami