DPRD DKI: Anak Sekolah Sudah Stres, Pemerintah Tak Punya Rencana Jelas

DPRD DKI: Anak Sekolah Sudah Stres, Pemerintah Tak Punya Rencana Jelas
JAKARTA | 1 Juni 2020 16:11 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mendesak, pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera membuka aktivitas belajar di sekolah. Menurutnya penutupan sekolah terlalu lama dapat menyebabkan tingkat stres pada anak.

"Anak-anak sudah stres. Perkembangan emosional dan sosialnya terganggu. Saya pendidik, ikatan batin saya dengan anak-anak rasanya sangat kuat. Negara harus menyiapkan dunia yang aman buat anak-anak, bukan menggantung bahkan menjauhkannya," ujar Zita, Senin (1/6).

Politikus PAN itu menilai pemerintah pusat dan daerah tidak punya rencana yang jelas. Menurutnya, pemerintah harus bertanggung jawab memberikan ketenangan.

1 dari 1 halaman

Ia memahami penerapan kehidupan normal harus dilakukan secara bertahap dan hati-hati. Misalnya saja, kata Zita, jika kasus positif Covid-19 sudah turun dari seribu ke enam ratus per hari, mal dibuka. Jika angka kembali turun, sekolah dibuka.

"Kalau naik lagi, sekolah kita tutup lagi. Jadi, kita punya harapan dan ukuran. Tidak seperti sekarang, digantung. Pemerintah tidak punya rencana jelas, jadi macam-macam orang datang bawa rencana," ujarnya.

Praktisi pendidikan ini juga mempertanyakan kesiapan kementerian dalam menyiapkan kurikulum belajar online. Selain itu, dia menilai prosedur penyelenggaraan pendidikan new normal masih belum disampaikan seperti penyampaian kesiapan infrastruktur.

"Misalnya wastafel yang jumlahnya memadai. Random test per dua minggu. No adult school selain guru, jadi contact tracing makin jelas. Bikin kurikulum online juga yang bisa jadi panduan. Kalau mau diskusi siapa saja ayuk, saya bisa jelaskan dari A sampai Z. Kalau ini siap, besok juga bisa buka sekolah. Kalau tidak disiapkan, Desember juga masih berisiko," tutup Zita. (mdk/rnd)

Baca juga:
Anak Sekolah Sulit Diawasi, Lebih Baik Tetap Belajar di Rumah
Kabupaten Bekasi Terapkan New Normal Mulai 5 Juni 2020, Sekolah Tetap di Rumah
Pemerintah Aceh Perpanjang Siswa Belajar di Rumah Hingga 20 Juni 2020
New Normal, IDAI Sarankan Sekolah Dibuka Desember 2020
Kemendikbud: PPDB 2020 Tetap Dilaksanakan Secara Daring
Menuju New Normal, Gubernur Edy Rahmayadi Belum Izinkan Siswa ke Sekolah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5